EKONOMI

Siaga Bencana, Komisi A DPRD TTU Stuba di Bekasi

Siaga Bencana, Komisi A DPRD TTU Stuba di Bekasi

JAKARTA, Kilas Timor-Kabupaten Bekasi merupakan salah satu daerah siaga bencana terbaik di Indonesia, terutama siaga bencana online. Karena predikat itu, Komisi A, DPRD Timor Tengah Utara (TTU), melakukan studi banding (Stuba) di kabupaten tersebut, untuk dapat diterapkan di Kabupaten TTU.
Ketua Komisi A, DPRD TTU, Agustinus Tulasi kepada koran ini, Jumat (6/3) kemarin mengemukakan, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan pemerintah Kabupaten Bekasi, yang langsung diterima Bupati Bekasi, Hj. Neneng Hasanah, Kamis (5/3) lalu. Dalam pertemuan itu, terjadi diskusi yang cukup menarik tentang penanganan bencana daerah.
Dikatakan, Kabupaten Bekasi merupakan juara satu, tentang penanggulangan bencana online, dengan mengalahkan daerah0-daerah lainnya. “Karena sebagai kabupaten siaga bencana online, kami mau belajar seperti apa persiapan dan peralatan yang dibutuhkan, untuk mendeteksi bencana secara dini,” ungkapnya politisi muda Partai Golkar itu.
Dijelaskan, Kabupaten TTU merupakan salah daerah bencana. Adapun bencana yang akrab terjadi yakni, banjir, puting beliung dan longsor. “Ini untuk antisipasi dan siaga bencana,” ujarnya.
Bupati Bekasi, Hj. Neneng Hasanah dalam penjelasannya bilang Gusti Tulasi sapaan akrabnya, untuk siaga bencana, perlu regulasi berupa Perda. Tidak saja itu, perlu ada komunikasi dengan semua stakeholder, agar masyarakat mengetahui peringatan dan pencegahan dini dan penanganan secara dini. “Jika hal ini dilakukan, maka masyarakat akan mengerti dan kuat menghadapi bencana,” tuturnya mengutip pernyataan Bupati Bekasi itu.
Dia berharap, Pemkab TTU dapat mengadopsi pola penanganan bencana di Bekasi, dan DPRD terutama Komisi A, sebagai mitra BPBD, siap mengakomodasi anggaran, demi masyarakat siaga bencana. “Untuk anggaran, kita akan perhatikan di APBD Perubahan. Bencana datang secara tiba-tiba, jadi masyarakat harus siaga. Pemerintah harus siapkan hal-hal yang diperlukan,” imbuhnya.
Sementara itu, Sekretaris Komisi A, DPRD TTU, Paulus Naibesi mengatakan, siaga bencana penting dilakukan di TTU.
Karena itu, Pemkab TTU diharapkan bisa menyusun Perda siaga bencana, serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menghadapi bencana, mulai dari peringatan dini, dan penanganan pra dan pasca bencana. “Perda harus ada. Kita rencana untuk jadikan hak inisiatif DPRD,” ungkapnya politisi Partai Nasdem itu.
Kedepan tambahan, Komisi A akan mendorong Pemkab, khusus BPBD TTU, untuk terus meningkatkan SDM-nya, juga menyedian peralatan yang dibutuhkan, agar bisa menangani dan menanggulangi bencana ditengah masyarakat. (nan)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top