TIMOR

Pemkab Malaka Diminta Segera Keluarkan SK Pemberhentian Kades Weulun

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Kabupaten Malaka diminta Segera mengeluarkan SK Pemberhentian terhadap Kepala Desa Weulun-Kecamatan Wewiku, Robertus Bere Nahak karena sudah diusulkan resmi BPD Desa Weulun, yang didukung data dan dokumen yang sah. Selain itu, sesuai pengaduan masyarakat desa Weulun di DPRD Malaka, maka pimpinan DPRD Malaka sudah mengeluarkan surat rekomendasi yang ditujukan kepada bupati, terkait proses pemberhentian tersebut.

Dody Tey Seran

Dody Tey Seran

Penegasan itu disampaikan Ketua Komisi I DPRD Malaka, Doddy Tei Seran usai melakukan rapat bersama mitra Komisi I, diantaranya, BPMD Malaka, Kabag Hukum Setda Malaka dan Inpektorat Kabupaten Malaka di ruang rapat komisi I DPRD di Betun, Selasa (16/6).

“Kita baru selesai rapat dengan mitra komisi mempertanyakan masalah itu karena masih terkatung-katung dan menjadi pertanyaan masyarakat. Kita minta supaya surat rekomendasi pimpinan DPRD Malaka terkait pemberhentian Kades Weulun supaya segera ditindak lanjuti pemerintah, supaya ada kepastian hukum. Kita tidak mau supaya masalah itu terkatung-katung seolah tidak bisa diselesaikan,” ujarnya.

“Tadi kita sudah minta penjelasan dari bagian hukum, BPMPD dan Inspektorat terkait masalah itu dan diperoleh hasil supaya BPMPD segera mengajukan usulan pemberhentian kades Weulun kepada penjabat Bupati, agar dikeluarkan SK Pemberhentian,” ujarnya.

“BPD Desa Weulun sudah membuat dan mengajukan surat usulan pemberhentian dilengkapi dengan dokumen hasil pertemuan di Wewiku, ternyata kades Weulun mengakui semua perbuatannya dan dikukuhkan dengan surat pernyataan yang ditanda tangani kades. Dia mengaku semua dan hasilnya dituangkan dalam berita acara yang saat itu juga disaksikan BPMPD Malaka dan Camat Wewiku bersama jajarannya,” bebernya.

“Kalau tidak bertentangan dengan Perda tentang tata cara pengangkatan dan pemberhentuan kades, kenapa hal itu tidak ditindak lanjuti,” Jelasnya.

Kabid BMPD Malaka, Gregorius Fatin kepada wartawan membenarkan pertemuan dengan komisi I Itu. “Kita sudah menerima pengaduan masyarakat melalui BPD Desa Weulun, dan prosesnya sudah dilakukan melalui beberapa tahapan di Kecamatan Wewiku. Surat BPD sudah ada dan rekomendasi DPRD sudah ada ditangan, dan dalam waktu dekat akan diusulkan kepada penjabat Bupati Malaka supaya diproses lebih lanjut,” tandasnya. (oni)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top