HEADLINE

Serangan Hama Ulat, Pemkab Malaka Diminta Seriusi Laporan Masyarakat

BETUN, Kilastimor,com-Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka diminta serius menangani serangan hama ulat pada tanaman padi di Desa Kletek dan Kletek Suai, agar tidak menyebar dan meluas ke tanaman padi lainnya.
Pemkab melalui Dinas Pertanian Malaka harus fokus mengatasi serangan hama pada areal 20an hektar, yang diserang dan memastikan bahwa hama itu sudah bisa diatasi dan tidak meluas ketempat lainnya.
Penegasan itu disampaikan Anggota Komisi II DPRD Malaka, Bernadete Luruk kepada wartawan di Kletek, Senin (15/6).

Ilustrasi Hama Ulat

Ilustrasi Hama Ulat

Anggota Komisi II DPRD Malaka, Bernadete Luruk Seran kepada pers mengatakan Pemkab Malaka harus serius memperhatikan hal itu, karena sesuai pantauannya di lapangan serangan hama ulat itu sudah mulai meluas dan menyerang tanaman padi sekitar 20 an hektar, pada malam hari. Dikhawatirkan hama ulat itu, menyebar ketempat lain dan merusak padi warga.

“Kita minta supaya pemkab melalui Dinas Pertanian Malaka ekstra hati- hati memantau pergerakan hama ulat itu, supaya tidak meluas kemana-mana,” ujarnya.

Ketua Komisi II DPRD Malaka, Marieta Teti kepada wartawan mengatakan pihaknya sudah memantau langsung di lapangan terkait serangan hama ulat pada tanaman padi di Desa Kletek. “Tadi kita sudah kesana dan bersama PPL Dinas Pertanian melakukan peninjauan lokasi, sekaligus melakukan upaya pemberatasan hama itu dengan obat-obatan yang tersedia. Kita harapkan Dinas Pertanian tetap melakukan pemantauan dan menyediakan obat-obatan yang memadai guna menjaga kemunginan yang terjadi supaya serangan ulat itu tidak meluas ke tanaman padi desa tetangga,” ujarnya.

“Tadi kita sudah cek ketersediaan obat, tetapi sangat minim sehingga dinas teknis perlu mengambil langkah-langkah untuk melakukan pengadaan dan persediaan obat-obatan guna menjaga semua kemungkinan yang terjadi,” jelasnya.

Kepala Dinas Pertanian Malaka, Petrus Bria ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan pihaknya sudah mendapatkan laporan dari PPL terkait serangan hama ulat itu. “Petugas kita sudah disiagakan untuk berjaga-jaga bekerja sama dengan petani pemilik lahan dan dengan sarana obat-obatan yang ada serangan hama ulat itu bisa diatasi. Kita akan memantau terus perkembangan dan serangan hama ulat itu, dan bila masih juga ada serangan maka kita akan meminta bantuan tambahan obat-obatan dari provinsi,” tandasnya. ( oni)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top