Lagi, Petani TTU Teliti 47 Jenis Padi dan 10 Jenis Ubi Jalar

KEFAMENANU, Kilastimor.com-Petani Sukses asal Desa Oerinbesi-Kecamatan Biboki Tanpah-Kabupaten TTU, Aleks Nana dalam musim tanam tahun 2016 melakukan penelitian dengan menanam 47 jenis padi dan 10 Jenis ubi Jalar. Penelitian itu bekerja sama dengan Fakultas Pertanian Undana dan Dinas pertanian Propinsi NTT. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan bibit unggul untuk dilepas ke masyarakat.

Ilustrasi Tanaman Padi

Ilustrasi Tanaman Padi

“47 jenis padi itu berasal dari berbagai daerah di NTT. 10 jenis ubi jalar itupun sama dari berbagai daerah. Setiap tahun kita melakukan kerja sama untuk melakukan penelitian. Dari hasil penelitian itu, akan digunakan lembaga dan direkomendasikan ditanam di daerah lain. Tahun lalu ubi jalar yang direkomendasikan untuk dikembangkan dan ditanam masyarakat yakni bibit ubi jalar dari Belu, Alor dan TTU sebagai benih yang berhasil lolos sebagai benih unggul yang direkomendasikan ditanam masyarakat,” bilang Aleks Nana saat ditemui di Oerinbesi, Sabtu (22/1).

Sementara benih padi saat ini baru ditanam 29 desember lalu. Dari 47 jenis padi itu akan diuji dan bagi yang berhasil akan direkomendasikan untuk dijadikan benih dan ditanam petani. “Saya sudah bekerja sama dengan Undana dan Dinas Pertanian Provinsi selama 12 tahun terakhir. Kita senang melakukan kerja sama ini karena melalui penelitian benih itu kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan soal perbenihan,” ungkapnya.

Sebagai petani, dirinya bangga karena kalau benih berhasil dibudidayakan dan dikembangkan, untuk kemudian disebarkan kepada masyarakat untuk ditanam. (oni)

Komentar