HEADLINE

Sengketa Tanah Warisan dan Matamusan Menonjol di Malaka

BETUN, Kilastimor.com-Persoalan tanah warisan dan tanah matamusan sering menjadi persoalan yang terjadi di Malaka. Tanah yang seharusnya tidak boleh dijual kepada orang lain, tetapi justru dilakukan Matamusan sehingga kerap menimbulkan persoalan. Salah satu solusi yang harus ditempuh yakni pemohon dan para saksi harus mengaku jujur sebelum pengukuran tanah oleh BPN dilakukan. Hal itu disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Pertanahan Kabupaten Malaka, Yohanes Taolin kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (28/6).

Yohanes Taolin

Yohanes Taolin

“Dalam urusan tanah, maka tanah warisan dan matamusan menempati rangkin tertinggi. Sesuai tradisi adat Malaka, Matamusan diberi tanah untuk menggantikan bapanya, supaya tanah itu tidak hilang secara turun temurun. Tetapi justru dijual kepada orang lain. BPN tidak mengetahui bahwa tanah itu matamusan. Kenyataannya, pada sertifikat tidak ditulis tanah matamusan tetapi nama orangnya. Persoalannya, ketika ditawarkan kepada pembeli mengaku tanah perorangan yang diperoleh dari hasil usahanya,” paparnya.

Jalan keluarnya, tambah dia, harus ada kejujuran dari pemohon. Pemohon harus mencantumkan dalam riwayat tanah harus ditulis sebagai tanah matamusan sehingga tidak bermasalah dikemudian hari. Di Malaka, ada dua kasus matamusan yang sudah disidangkan di pengadilan. Kalau Matamusan itu jujur maka hal itu tidak akan terjadi. Dalam pengalaman kita biasanya mengukur karena sudah mendapatkan pengakuan dari desa dan camat, bahwa itu tanah milik pribadi yang diperoleh dengan usaha sendiri.

“Masalah yang sering terjadi, tanah warisan yang belum dibagi. Terkadang penggarap bisa membuat sertifikat padahal dia hanya punya hak pakai. Kelemahannya pada ketidak jujuran masyarakat. Untuk itu bagi yang memiliki tanah harus mengetahui sejarah tanah, batas-batasnya sehingga tidak bermasalah pada saat pengukuran di BPN atau bermasalah dan dibawa ke ranah hukum,” tuntasnya. (boni)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top