EKONOMI

Desa Babotin Selatan Serius Dirikan BUMDes

BETUN, Kilastimor.com-Desa Babotin Selatan, Kecamatan Botin Leobele, Malaka, menggelar sosialisasi pengelolaan dana desa dan BUMDes, Sabtu (14/1) di kantor desa tersebut. Hadir dalam kesempatan itu yakni Inspektur Daerah Malaka, dan Kasi Pemerintah, Kecamatan Botin Leobele dan diikuti ratusan warga desa.

Inspektur Daerah Malaka sedang memaparkan materi sosialisasi di Babotin Selatan.

Inspektur Daerah Malaka sedang memaparkan materi sosialisasi di Babotin Selatan.

lnspektur Daerah (Irda) Malaka, Remigius Leki dalam sosialisasi pengelolaan dana desa mengutarakab, dana desa dan alokasi dana desa didasarkan pada UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa.

Dalam mengelola dana desa sebutnya, harus mengedepankan aspek transparansi dan partisipasif. Hal ini diwajibkan, agar masyarakat benar-benar menerima manfaat dari dana desa.

Dia juga meminta dana desa hanya digunakan untuk pembangunan fasilitas publik dan pemberdayaan, bukan untuk kepentingan orang perorangan seperti perumahan dan lainnya. Jika itu terjadi maka terjadi pelanggaran dan pihaknya siap memeriksanya.

Remi Leki sapaan karibnya juga mengingatkan kepala desa untuk mempercayai bendahara untuk mengatur pengeluaran dan pemasukan, karena itu tupoksi bendahara.

Sementara itu, Kades Babotin Selatan, Antonius Un mengemukakan, pihaknya komit untuk mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Komitmen tersebut selain menjalankan perintah UU, juga untuk memberdayakan masyarakat.

Dikemukakan, pihaknya akan segera melakukan konsultasi dengan Inspektorat Daerah, BPMPD dan Dinas PPKAD Malaka untuk mendapat arahan. Setelah konsultasi, pihaknya akan segera membentuk pengurus, untuk kemudian dikaji bidang usaha BUMDes.

Untuk bidang usaha, dia menyarankan agar fokus pada pembelian dan pemasaran komoditi pertanian. Selanjutnya baru di kembangkan bidang usaha lain.

Sebelumnya, Kepala Seksi Pemerintahan, Kecamatan Botin Leobele, Bernadus Nahak dalam sambutannya saat membuka sosialisasi tersebut, meminta aparat desa untuk mendengar secara baik setiap informasi pengelolaan dana desa termasuk BUMDes. Hal ini perlu, agar pengelolaan dana desa bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. (richi anyan)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top