Anggota Koramil Haekesak Gagalkan Penyelundupan 880 Liter BBM ke Timor Leste

ATAMBUA, Kilastimor.com-Salah satu anggota koramil 1605-08/Haekesak berhasil gagalkan penyelundupan BBM jenis bensin sebanyak 880 liter yang hendak diselundupkan ke Timor Leste pada, Jumad (12/5) lalu. Kasusnya saat ini sudah diserahkan ke Polres Belu.

Kasat Reskrim Polres Belu amati barang bukti BBM yang diamankan.

Kasat Reskrim Polres Belu amati barang bukti BBM yang diamankan.

Kasat Reskrim Polres Belu Iptu Ricky Dally, SH mengatakan, pada saat itu, salah seorang anggota Koramil 1605-08/Haekesak sedang melakukan patroli dan menangkap tangan Yakobus Rani Laka yang hendak membawa bensin sebanyak 880 liter ke Timor Leste. Barang bukti sempat didimpan di Koramil 1605-98/Haekesak selama satu hari.

Iptu Ricky yang ditemui di ruang kerjanya pada, Selasa (23/5) mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan kepada lima orang saksi dan pelaku, pada (13/5). Dari keterangan yang didapat, 30 jerigen bbm ini diangkut dari beberapa pertamina. Setiap pertamina diambil dua sampai tiga jergen kemudian dikumpul jadi satu. Rencananya, bbm ini akan dikirim ke Timor Leste.

Pelaku yang akrab disapa Eja dijerat dengan pasal 53 dan 55 Undang-Undang Migas Nomor 2 Tahun 2001. Selain itu, polisi juga menyita 30 jerigen berisi BBM jenis bensin dan satu unit mobil yang mengangkut BBM.

“Dari keterangan lima saksi itu, maka pelaku kita kenakan pasal kepada orang yang melakukan pengangkutan ini yaitu pasal 53 dan 55 undang undang migas no 2 tahun 2001.” kata Iptu Ricky.

Pelaku saat ini hanya dikenai sanksi wajib lapor. “Pelaku dikenakan wajib lapor karena sanggat kooperatif. Dia selalu memberikan keterengan yangbtidak berbelit-belit,” jelas Iptu Ricky. (richi anyan)

Komentar