Gubernur NTT, Ketua Komisi V DPR RI Ground Breaking Rusunawa Unwira Kupang

OELAMASI, Kilastimor.com-Pemerintah Pusat (Pempus) melalui Dirjen penyediaan perumahan, kementerian PUPR membangun Rumah Susun Sederhana Sewa (RUSUNAWA) mewah 3 lantai bagi mahasiswa Universitas Katholik Widya Mandira Kupang. Disaksikan kilastimor.com, ketika peletakan batako pertama RUSUNAWA ini, pada Rabu (17/5).

Peletakan batu pertama Rusunawa UNWIRA.

Peletakan batu pertama Rusunawa UNWIRA.

Ketua Komisi V, DPR-RI, Fary Francis, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Pempus, melalui Kementerian PUPR yang sudah mengalokasi anggaran untuk pembangunan Rusunawa mewah tersebut. Dimana menurut Fary, PUPR telah mendengar aspirasi masyarakat akademisi, melalui dirinya, yang telah menyampaikan proposal kepada Kementrian PUPR. Menurut Fary, Rusunawa tersebut dapat terjawab, karena ada kerjasama antara dirinya dengan pihak Unwira, Kementrian PUPR dan pemerintah Provinsi.

“Sebagai anggota DPR asal NTT, saya sampaikan terimakasih kepada pemerintah pusat, melalui pak Menteri PUPR dan pak Dirjen yang sudah memberikan anggaran untuk pembangunan Rusunawa ini,” Ucap Fary.

Lebih lanjut, Fary mengatakan bahwa, sebagai anggota DPR juga, dirinya melakukan fungsi pengawasan. Fungsi pengawasan dimaksud oleh Fary adalah sesuai kearifan lokal yang ada. Dirinya mengatakan, akan memanfaatkan fakultas teknik UNWIRA untuk melakukan berbagai kajian secara teknis, agar membantu membantu melakukan fungsi pengawasan. Dirinya menambahkan, ada banyak contoh pembangunan Rusunawa di NTT. Tak jarang juga, menurut Fary, banyak Rusunawa yang setelah dikerjakan langsung rusak.

Menurut Fary, salah satu alasan, kenapa banyak Rusunawa yang dikerjakan mudah rusak setelah dikerjakan. Hal tersebut terjadi karena kualitasnya rendah. Kemudian kulitas juga rendah menurut Fary, karena sistem pengawasannya yang rendah. Fary menambahkan, belajar dari pengalaman tersebut, dirinya mengajak Fakultas Teknik UNWIRA untuk membantu melakukan pengawasan.

“Saya minta Fakultas Teknik UNWIRA, untuk membantu saya melakukan pengawasan. Agar bangunan ini kualitasnya bagus dan dapat dimanfaatkan,” Tegas Fary.

Pada kesempatan ini juga, Fary sempat menjelaskan tentang Rusunawa yang telah dibangun ini. Dimana menurut Fary, Rusunawa yang dibangun ini, langsung dilengkapi dengan Meubeler. Sehingga menurut Fary Rusunawa ini tergolong mewah. Sempat juga, pada kesempatan ini, Fary mengisahkan, tentang proposal Rusunawa ini yang sempat tertunda. Tetapi, Fary mengatakan bahwa, pihak Unwira patut bersyukur karena Rusunawa yang dibangun pemerintah sebelumnya, tidak dilengkapi meubeler. Sehingga Fary berpesan bahwa, perlu diambil hikmahnya, karena karena tertundanya bangunan ini terealisasi, tetapi lebih mewah dari Rusunawa yang lainnya.

Terkait kelengkapan Rusunawa ini, Fary menjelaskan bahwa Rusunawa mewah ini memiliki banyak sekali kelengkapan, selain meubeler. Dijelaskan juga bahwa, terdapat kelengkapan konetifitas, listrik, air dan internet. Dikatakan bahwa semua ini untuk kelancaran belajar Mahasiswa yang akan menginap di Rusunawa ini.

Membenarkan apa yang disampaikan Fary Francis, Dirjen penyediaan perumahan, kementrian PUPR, Syarif Burhanudin mengatakan bahwa, Rusunawa yang dibangun ini adalah rusunawa yang tergolong mewah, karena telah dilengkapi dengan Meubeler dan fasilitas yang lain dan lengkap. Untuk itu dirinya berharap bahwa, dalam ketika mahasiswa akan menempati Rusunawa ini harus betul-betul mahasiswa yang juga diseleksi dengan sebaik-baiknya oleh UNWIRA. Terkait hal tersebut, Syarif meminta kepada pihak UNWIRA agar segera menyusun standar atau persyaratan-persyaratan, agar mahasiswa jangan asal-asalan tinggal di Rusunawa ini.
Selain itu pada kesempatan ini, Syarif menyampaikan apresiasi kepada Fary Francis yang telah memperjuangkan Rusunawa ini. Tentunya menurut Syarif, bukanlah hal yang mudah. Tetapi karena kerja keras dari Fary Francis, yang memiliki kerjasama yang baik dengan pemerintah provinsi, sehingga Rusunawa ini berhasil di bangun.
Sementara itu Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, pada kesempatan ini juga menyampaikan terimakasih kepada Ketua Komisi V DPR-RI, terutama kementrian PUPR dan Dirjen yang telah memperhatikan NTT, terutama khususnya tentang urusan perumahan. Dirinya menilai bahwa, perhatian pemerintah pusat hari-hari ini, dari waktu ke waktu terus meningkat terutama di bidang infrastruktur.

Dirinya juga pada kesempatan ini, mengingatkan pihak UNWIRA agar dapat mengelolah Rusunawa tersebut dengan baik. Menurut Lebu Raya mahasiswa yg tinggal di Rusunawa ini, kalau bisa mahasiswa yang berkualitas. Hal ini menurutnya, agar dapat menciptakan persaingan yang sehat di antara mahasiswa dan semakin banyak menciptakan mahasiswa berkualitas di NTT.

Selain itu, Lebu Raya juga mengingatkan agar di Rusunawa tersebut juga menjadi tempat yang menumbu hkembangkan nilai-nilai bangsa. Dirinya berharap di Rusunawa ini, tidak saja menampung mahasiswa, tetapi juga untuk membentuk karakter mahasiswa yang berkualitas secara aklak.

Untuk diketahui bahwa, diakhir sambutannya, Lebu Raya bersama Dirjen dan Fary Francis melakukan peletakan batako pertama gedung Rusunawa UNWIRA Kupang. (qrs)

Komentar