EKONOMI

KMP Lakaan Diresmikan, Pelayaran Bolok-Naikliu-Ndao Dibuka

OELAMASI, Kilastimor.com-Kapal Motor Penumpang (KMP) Lakaan, yang melayani Pelayaran Bolok-Naikliu resmi dioperasikan.
Hal ini disampaikan Ketua Komisi V DPR RI, Fary Francis, dalam sambutannya, pada Peresmian KMP Lakaan 750 GT. Peresmian ini dilakulan pada Rabu (10/5), di Car Deck, KMP Lakaan 750 GT.

Penekanan sirene tanda KAMP Lakaan resmi beroperasi.

Penekanan sirene tanda KAMP Lakaan resmi beroperasi.

Lebih lanjut Fary menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang merupakan mitra Komisi V DPRRI, melalui Direktur Jendral (Dirjen) Perhubungan darat dan Direktur Sarana, memperjuangkan kapal KMP Lakaan bisa beroperasi di NTT.

Fary sedikit berkisah, bagaimana KMP ini sampai di NTT dan diresmikan. Menurut Fary, dalam proses perencanaan hingga penggaran ada kerjasama yang baik antara Komisi V dan Kemenhub.

“Saya mengapresiasi dan memnyampaikan terimakasih kepada Dirjen perhubungan darat, karena tidak segan-segan kami mengganggu terus untuk memperjuangkan KMP ini, hingga terealisasi. Tentunya juga, ada kerjasama yang baik, sehingga Dirjen yang merencanakan, sedangkan saya dalam otoritas sebagai ketua Komisi V, mengetuk palu untuk terealisasinya KMP ini. Artinya, suksesnya kapal ini karena adanya kerjasama yang baik dalam tim kami,” jelas Fary.

Terkait pelayaran KMP Lakaan, Fary lebih menekan pada masyarakat sebagai penerima manfaat. Fary berharap, ketika KMP ini mengunjungi setiap kedua pelabuhan yang dituju, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Saya berharap masyarakat di Ndao dan Naikliu dapat memanfaatkan KMP Lakaan ini, untuk kepentingan ekonomi mereka. Mungkin dari tempat mereka, masyarakat dapat menjual hasil potensi ke Kupang, dengan menggunakan fasilitas KMP Lakaan ini,” Harap Fary.

Terkait jadwal KMP Lakaan ke Ndao dan Naikliu, Fary berharap sesuai dengan yang sudah disepakati. Dikatakan, jadwal pelayaran ke Naikliu sudah ditetapkan satu minggu dua kali yakni, setiap hari Rabu dan Jumat. Walaupun demikian, Fary berharap, apabila ada nilai positif dan sambutan baik dari masyarakat, terkait pelayaran KMP tersebut, maka tidak menutup kemungkinan, jadwal pelayaran KMP ini bisa ditingkatkan.

Untuk diketahui bahwa, dalam laporannya, Direktur Sarana Perhubungan darat, Edy Gunawan, dalam sambutannya, menyampaikan prospek tentang KMP Lakaan. Menurutnya, KMP ini diambil dari salah satu nama gunung di Kabupaten Belu. Terkait anggaran, Edy mengatakan, Dana untuk pembuatan KMP ini adalah berasal dari APBN yang menyerap dana sebesar Rp 34.223.000.000. Selain itu, Edy menambahkan bahwa, KMP ini dari perencanaan hingga penganggaran perjuangan, adalah murni perjuangan Ketua Komisi V DPRRI, Fary Francis. KMP ini mulai dikerjakan sejak 27 Desember 2015 – 27 Desember 2016.

Mewakili dan membacakan sambutan Gubernur NTT, Herman Naiulu, staf ahli bidang Hubungan Sosial Setda Provinsi NTT. Pada kesempatan ini, Gubernur melalui Herman menyampaikan banyak hal terkait peresmian KMP ini. Dirinya menyampaikan tentang kehadiran KMP ini yang dapat membawa manfaat bagi masyarakat. Selain itu, dirinya lebih menekankan tentang kehadiran KMP yang dapat membawa persatuan dan kesatuan, yang merupakan cita-cita bersama bangsa Indonesia.

Kemudian, Herman menyampaikan tentang arah kebijakan pemerintah, terkait pelayanan perhubungan yang ada di NTT. Dimana menurut Herman, ke depan pintu gerbang pariwisata dan ketahanan pangan di NTT akan di tingkatkan. Terutama, dalam hal ini, NTT akan menjadi destinasi pariwisata di indonesia dan dunia.

Mengakhiri sambutan Gibernur, Herman mengingatkan tentang keselamatan dan keamanan yang perlu dijaga, selama melakukan pelayaran bersama KMP tersebut.

Pudji Hartanto, Direktur Jendral Perhubungan Darat, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Ketua Komisi V DPRRI, Fary Francis yang dengan semngat yang tinggi, dalam memperjuangkan hingga terealisainya KMP Lakaan. Dirinya berharap, setelah perjuangan yang panjang, KMP ini dapat dimanfaatkan untuk pengembangan, pembangunan, dan peningkatan terutama dalam bidang ekonomi, pertanian, peternakan dan lain sebagainya.

Dirinya berpesan dengan sebuah moto, bahwa hati ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan besok harus lebih baik dari hari ini.

Diujung sambutannya, Pudji Hartanto mengundang, Fary Francis Ketua Komisi V DPRRI, Herman Nailiu Staf ahli bidang hubungan sosial Setda Provinsi NTT untuk bersama-sama menekan tombol Sirene yang menandakan diresmikannya KMP Lakaan tersebut. Selain itu Pudji juga menandatangani prasasti Peresmian KMP Lakaan. (qrs)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top