Stefanus Atok Bau Terpilih jadi Ketua LVRI Kabupaten Belu

ATAMBUA, Kilastimor.com-Stefanus Atok Bau terpilih sebagai Ketua LVRI Kabupaten Belu dalam Musyawarah Cabang I Legium Veteran Republik Indonesia yang dilaksanakan di Aula Dharma Andika Kodim 1605/Belu pada, Selasa (30/5). Stefanus diminta untuk membawa LVRI menjadi lebih baik lagi guna menjawab permasalah bangsa.

Veteran Kabupaten Belu.

Veteran Kabupaten Belu.

Muscab I LVRI dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Pemerintah Setda Belu Elli Rambitan, Kapolres Belu AKBP Yandri Irsan, Dandim 1605/Belu Letkol CZI Nurhidin Adi Nugroho, S.IP, Ketua DPD Propinsi NTT Stanislaus Dawu, dan Sekertaris DPD Propinsi NTT Nikodemus Dawi. Hadir pula dalam acara ini perwakilan Bank BRI Atambua dan anggota Veteran se-Kabupaten Belu yang berjumlah 600 orang.

Muscab I LVRI merupakan pertama kali sejak 1995. Muscab I LVRI ini bertemakan Dengan Semangat Kepahlawanan, LVRI Meningkatkan Kehormatan, Meningkatkan Kesejateraan Anggota, dan Mewariskan Nilai-nilai perjuangan 1945 kepada Generasi Penerus Bangsa. Karena itu, dengan terselenggaranya Muscab ini mampu membawa perubahan sesuai dengan tema Muscab.

Dandim 1605/Belu Czi. Nurhidin mengatakan bahwa banyak sekali permasalahan yang dihadapi saat ini. Namun, dengan kehadiran peserta dapat menjadi bukti untuk menyatakan tekad dan niat untuk bersatu demi kemajuan Veteran di Kabupaten Belu.

Dalam sambutannya, Ketua DPD Propinsi NTT Stanislaua Dawu mengatakan bahw LVRI bukan sekedar sebagai makna biasa. Baginya, LVRI mengandung suatu makna historis yang mengarah pada makna pewarisan semangat juang 1945.

Dawu menuturkan bahwa Veteran adalah saksi sejarah Bangsa Indonesia. karena itu, bagi pengurus terpilih, ia berharap dapat membawa dan mewujudkan aspirasi serta hak-hak dari seluruh anggota veteran yang berada di wilayah perbatasan Kabupaten Belu. Tujuannya agar para anggota bisa mendapat perhatian dari pemerintah pusat.

Senada dengan Dawu, Elli Rambitan selaku perwakilan Pemda Belu mengatakan bahwa LVRI berperan sangat penting dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa. “Saya bangga dan mengapresiasi para anggota veteran karena walau telah memasuki usia lanjut, tapi tetap memiliki semangat juang yang tinggi”, ujarnya.

Elli menjelaskan soal kondisi bangsa yang terjadi akhir-akhir ini. Menurutnya, dinamika kehidupan berbangsa dan bertanah air yang terjadi akhir-akhir ini telah memengaruhi pola pikir kehidupan bangsa dengan berbagai permasalahan dan polemik yang ada. Karena itu, para pengurus terpilih saat ini diminta untuk bantu mencari solusi dari setiap permasalahan yang ada.

Kapolres Belu AKBP Yandri Irsan meminta dukungan dan kerjasama kepada Pengurus LVRI terpilih untuk bekoordinasi dan bekerjasama dengan para anggota kepolisian yang bertugas di lapangan dalam hal babinkamtibmas. Selain itu, ia berharap agar oraganisasi ini dapat menjadi contoh dan panutan bagi semua organisasi yang ada di Kabupaten Belu. (richi anyan)

Komentar