HEADLINE

Orang Tua Diminta Perhatikan Pendidikan Anak Pasca PAUD

OELAMASI, Kilastimor-Anak PAUD di pulau Semau diwisuda oleh Bunda PAUD dan Wakil Bunda PAUD Kabupaten Kupang.
Bunda PAUD, Ny. Christinaa Ngadila Titu Eki merupakan istri Bupati Kupang. dan Ny. Damaris Masneno, Wakil Bunda PAUD adalah istri wakil Bupati Kupang.

Pose bersama usai pelepasan anak PAUD.

Pose bersama usai pelepasan anak PAUD.

Wisuda anak PAUD tersebut digelat Sabtu (17/6), di Gedung ibadah GMIT Sonaf Neka. Keduanya selain disambut oleh anak-anak PAUD di kecamatan Semau dan Semau Selatan, juga disambut dengan Tuturan adat Basan oleh kepala Marga Holbala, Bernadus Pong. Setelah Basan dilakukan, keduanya dikalungi sarung adat dan disambut masuk ke dalam gereja.

Istri dari orang nomor satu dan dua di kabupaten Kupang ini, hadir dalam kegiatan pelepasan atau wisuda anak-anak PAUD se-Kecamatan Semau Binaan UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) kabupaten Kupang.

Megawali kegiatan ini, Kepala Desa Huilelot, Hernimus Poto, dalam sambutanya menyampaikan terima kasih kepada SKB yang telah membina sejumlah PAUD di Pulau Semau, terutama di Desa Huilelot. Dirinya mengungkapkan, ada begitu banyak PAUD di Pulau Semau. Tetapi PAUD binaan SKB saja yang aktif.

Dia mengisahkan, biasanya jika ada monitoring dari SKB, petugas dari SKB selalu mencari dirinya untuk memastikan setiap PAUD yang ada di Desanya. Dikatakan, kadang para petugas tidak ingin pulang, jika laporan terkait PAUD yang ada belum beres. Karena diakui oleh para petugas SKB, kepala SKB yang baru sangat tegas dan tidak main-main dengan setiap perkembangan PAUD yang dibina oleh SKB. 

“Saya kadang kasian juga, karena bapak-bapak dari SKB, ketika datang monitoring PAUD binaan SKB, mereka ini selesaikan dengan tuntas, karena katanya kepala SKB yang baru sangat tegas dengan mutu dan kualitas PAUD binaan SKB. Dan, saya mengakui, ada bukti konkritnya. Hari ini, anak-anak PAUD diwisuda, semua karena kerja keras bapak-bapak dari SKB,” ungkap Hernimus.

Terkait keberlanjutan PAUD-PAUD di desanya, Hernimus mengakui bahwa dirinya sebagai kepala desa, melalui dana desa telah menganggarkan untuk setiap PAUD yang ada di desanya. Hernimus mengaku, walaupun dana yang dianggarkan tidak terlalu besar bagi pendidik dan oeperasional PAUD yang lain, tetapi setidak-tidaknya dapat meningkatkan kualitas PAUD ke depannya. Dirinya juga berterimakasih kepada Bunda PAUD dan Wakil Bunda PAUD yang telah mengunjungi wisuda PAUD ini.

Bunda PAUD Kabupaten Kupang, Ny. Christina Ngadila Titu Eki, pada kesempatan ini dalam sambutannya, menyampaikan selamat kepada orang tua dan anak-anak PAUD yang diwisuda. Dirinya mengingatkan orang tua agar memikirkan pendidikan ke depannya. Dikatakan bahwa, pada 16-17 tahun yang akan datang, anak-anak ini juga diwisuda, tetapi statusnya sebagai sarjana. Sehingga dirinya sangat mengharapkan peran orang tua untuk memperhatikan pendidikan anak-anak ke depannya.

Selain itu, dirinya mengingatkan juga tentang perlunya pembangunan karakter anak-anak di pendidika usia dini. Menurutnya, perlu diterapkan 12 karakter dasar yang sedang dicanangkan oleh bupati kupang akhir-akhir ini. Untuk itu, perlu ada kerjasama antara pendidik dan orang tua, agar karakter anak-anak ini sejak dini sudah ditanamkan karakter dasar yang unggul.

“Supaya bapak ibu tahu, bahwa di sekolah PAUD sekarang, tidak lagi diajarkan tentang baca, tulis dan berhitung. Sekarang yang diutamakan adalah penerapan karakter dasar. Kita di Kabupaten Kupang, bapak bupati sudah canangkan 12 karakter dasar anak. Jadi, orang tua dan pendidik, saya harapkan untuk menanamkan karakter-karakter tersebut bagi anak-anak kita,” harap Ny. Christina.

Selain itu, dirinya pada kesempatan ini, mengingatkan tentang pentingnya gizi bagi anak-anak. Dikatakan bahwa, orang tua harus mengurangi pemberian makan instan yang sering dijajan oleh anak-anak, seperti snack dan makanan ringan lainnya. Alasannya adalah, jika makanan tersebut diberikan kepada anak-anak, maka akan merusak perkembangan otak anak-anak. Dirinya mendorong orang tua dan pendidik agar perlu meananam sayuran yang sehat, agar membantu perkembangan otak dan gizi anak. Terlebih, dirinya mendorong orang tua untuk menanam daun kelor, karena dikatakan daun ini sangat kaya nutrisi dan baik untuk gizi anak.

Sementara itu, Kepala UPTD SKB Kabupaten Kupang, pada kesempatan ini meyampaikan terimakasih kepada pendidik yang telah mendidik anak-anak PAUD, sehingga telah diwisuda. Dirinya juga berterimakasih kepada sejumlah kepala desa yang telah bekerjasama dengan SKB untuk mendirikan  PAUD, dibiina dan sudah berjalan, hingga diwisuda. Diriya berharap PAUD-PAUD ini akan terus eksis, dan semakin berkualitas dibawah binaan SKB Kabupaten Kupang.

Untuk diketahui bahwa anak-anak PAUD yang diwisuda sebanyak 46 anak dari beberapa kelompok belajar PAUD di kecamatan Semau dan Semau Selatan. Hadir dalam kegiatan ini, staf kecamatan Semau dan sejumlah Kepala Desa dari kecamatan Semau dan Semau Selatan. (qrs)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top