HEADLINE

Timsel Region Timor Mulai Seleksi Calon Anggota Panwaslu Region Timor

KUPANG, Kilastimor.com-Setelah dibentuk oleh Bawaslu Provinsi NTT, Tim seleksi Panitia pengawas pemilu (Timsel Panwaslu), mulai melakukan proses perekrutan calon anggota Panwaslu. Timsel yang lebih dahulu curi start  adalah Timsel Region Timor.  Hal ini dibenarkan Sekretaris Timsel Region Timor, Bill Nope, kepada kilastimor.com, pada Rabu (14/6) kemarin.

Tim Seleksi Panwaslu Region Timor.

Tim Seleksi Panwaslu Region Timor.

Dia mengatakan, Timsel Region Timor sejak di bentuk, sudah mulai bekerja karena daerah Region ini sangat luas. Dimana menurut Bill, Region Timor meliputi Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Malaka, Belu, TTU, TTS dan Rote Ndao. Selain itu, deadline  waktu yang ditentukan bagi Timsel adalah dua bulan saja, sehingga dirinya dan Katua, serta anggota sudah mulai bekerja.

Dosen Hukum Undana ini menambahkan bahwa, dalam perekrutan Panwaslu ini, akan dilakukan di enam titik perekrutan.  Dikatakan, untuk kabupaten dan kota Kupang semuanya dilakukan di Kota Kupang, sedankan untuk kabupaten yang lain, akan dikonsentrasikan di kota Kabupatennya.

Terkait persyaratan seleksi Panwaslu, dosen Undana itu menjelaskan, persyaratan umum yang diberikan adalah terbuka bagi masyarakat umum yang berumur minimal 30 tahun. Kemudian, calon anggota Panwaslu tidak pernah menjadi anggota partai politik, tidak pernah menjadi tim kampanye partai politik atau calon legislatif dan eksekutif. Juga, calon anggota tidak pernah dipidana berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum, dan bersedia bekerja penuh waktu.

Menurut Bill, persyaratan yang disampaikannya merupakan persyaratan yang sangat umum, tetapi terkait dengan perekrutan ini, dirinya berharap semua masyarakat dapat melihat langsung pengumuman yang dipasang di kantor Bawaslu NTT.

Terkait waktu penerimaan pendaftaran calon anggota Panwaslu, mulai dilakukan dari tanggal 17-23 Juni 2017 mendatang. Sementara dalam seleksi ini, menurut Bill, Timsel akan menentukan 6 orang untuk selanjutnya akan ditentukan oleh Bawaslu pusat.

Terkait indenpendensi Timsel ini, dia mengatakan, walaupun dalam perekrutan ini dilakukan secara terbuka.  Tetapi dalam penetapan calon yang akan diajukan ke Bawaslu Pusat, menurut Bill, Timsel Region Kupang tidak akan diintervensi dari pihak manapun. Sehingga benar-benar calon anggota Panwaslu yang dipilih berkualitas.

Untuk diketahui bahwa Timsel Region ini terdiri atas Rudy Rohi Dosen Fisip Undana sebagai Ketua, Bill Nope Dosen Hukum Undana sebagai Sekretaris, dan Anggota Ana Djukana dari media cetak dan aktifis perempuan, serta Ronald Rofiandry dan Apung Wadadi dari Bawaslu RI atau Fitra. (qrs)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top