HEADLINE

Lima Pejabat Bank NTT dan Kontraktor Tersangka Dugaan Korupsi Pengadaan IT

Kajati NTT, Sunarta

KUPANG, Kilastimor.com – Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur (Kejati NTT), Senin (7/8) lalu akhirnya menetapkan sedikitnya lima (5) orang sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan IT (MS) pada Bank NTT tahun 2015 senilai Rp 4,3 miliar.

Lima (5) orang yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus itu diantaranya, ASE selaku Direktur Umum (Dirum) Bank NTT, ST selaku Kepala Divisi pengadaan IT Bank NTT, AR selaku Panitia lelang dan EP selaku Kontraktor serta JET dari pihak Compared.

Demikian diungkapkan Kajati NTT, Dr. Sunarta kepada wartawan diruang kerjanya, Senin (7/8) didampingi Asisten Tindak Pidana Umum, Budi Handaka.

Dijelaskan Kajati NTT, penetapan lima orang tersangka tersebut setelah tim penyidik Tindak Pidana Khusus (Tipidsus) Kejati NTT menggelar ekspos dihadapan para petinggi Kejati NTT.

Dari hasil ekspos itu, lanjut Sunarta, penyidik sepakat ada unsur tindak.pidana yang mengakibatkan jerugian negara sehingga perlu ditetapkan tersangka dalam kasus itu.

“Penetapan tersangka kasus Bank NTT senilai Rp 4,3 miliar berdasarkan hasil ekspos tim penyidik Tipidsus Kejati NTT bersama pejabat Kejati NTT,” ujar Sunarta.

Ditambahkan, pekan kemarin juga hasil ekspos bersama BPK NTT bersama penyidik Kejati NTT. disepakati bahwa ada unsur tindak oidana yang merugikan keuangan negara namun untuk saat ini BPK NTT belum menetapkan besaran kerugian negara dalam kasus itu.

Menurutnya, kelima tersangka direncanakan untuk diperiksa oleh penyidik Tipidsus Kejati NTT. Dan, untuk pemeriksaan penyidik telah melayangkan surat panggilan kepada lima tersangka.

Ketika ditanya apakah kelima tersangka akan ditahan, Sunarta menjelaskan soal penahanan itu merupakan kewenangan penyidik. Dirinya selaku Kajati NTT hanya sekedar mengetahuinya.

“Soal ditahan atau tidak itu urusan penyidik. Nanti penyidik yang buat pertimbangan apakah ditahan atau tidak itu keputusan ada padampenyidik. Saya tidak bisa menentukan karena penyidik lebih tahu itu,” kata Sunarta. (crh)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top