HEADLINE

Ini Makna Logo Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia

Logo HUT RI 2017

ATAMBUA, Kilastimor.com-Pada Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2017, Sekretariat Negara Republik Indonesia mengeluarkan tema dan logo Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia.
Hal ini sesuai dengan surat bernomor B-1623/Kemensetneg/Ses/TU.00.04/06/2017 tentang penyampaian tema dan logo peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2017, tertanggal Jakarta, 8 Juni 2017.

Dikatakan dalam lampiran surat tersebut, sejak kecil masyarakat Indonesia dididik untuk memiliki kesadaran akan pentingnya menjadi makhluk sosial yang hidup berdampingan dan berinteraksi melibatkan individu lainnya.

“Gotong Royong” adalah akar dari kebudayaan kita yang merupakan perwujudan harmoni kebersamaan yang telah menjadi peekat sosial paling efektif tanpa memandang ras, suku, dan agama untuk mencapai tujuan yang luhur.

Kebersamaan menjadi tema yang diangkat sebagai semangat pada perayaan 72 tahun Indonesia merdeka kali ini.

Pendekatan tersebut menjadi esensi sekaligus ajakan kepada segenap masyarakat Indonesia untuk merangkul dan mengedepankan asa kebersamaan. Melalui semboyan ini pula, masyarakat diingatkan untuk kembali bersama-sama bersatu dalam perbedaan dan menlanjutkan perjuangan untuk menjadi bangsa yang terhormat, Bangsa Indonesia.

Konsep dasar dari “Kerja sama” itu sendiri merupakan prinsip dasar masyarakat Indonesia dalam berkehidupan berbangsa. Sedangkan, “Gotong royong” merupakan manifestasi konkrit dari semangat kebersamaan antar-masyarakat dalam bahu-membahu dan tolong-menolong.

Konfigurasi logo 72 TAHUN INDONESIA KERJA BERSAMA merupakan representasi dari semangat gotong royong untuk membangun Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

Adapun makna dari logo tersebut. Dijelaskan angka “7” pada logo merupakan simbolisasi dari anak panah yang menyerong ke arah kanan atas. Hal tersebut melambangkan dinamisme pembangunan yang berorientasi ke masa depan positif.

Letak dan posisi angka “2” pada logo yang terlihat merangkul angka “7” merupakan perlambangan dari asas kebersamaan dalam bekerja membangun Indonesia dan mencapai target yang telah direncanakan. Bentuk angka “2” juga merepresentasikan bentuk bendera Indonesia yang terdiri dari dua bagian.

Logo HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia memiliki slogan “Kerja Bersama, Bersama Kerja”. Makna “Kerja Bersama” menunjukan pendekatan yang bersifat merangkul dan juga memperlihatkan asa kebersamaan dan gotong royong dalam membangun Indonesia menjadi lebih baik. Sedangkan, “Bersama Kerja “ menunjukan ajakan untuk bersama-sama bekerja membangun kemajuan Indonesia dan mencapai target yang telah direncanakan.

Semoga logo peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia ini dapat dimaknai oleh masyarakat Indonesia guna tercapainya kemajuan bangsa di tengah pluralisme saat ini. (richi anyan)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top