HEADLINE

Imigrasi Atambua Deportasi 30 Warga PSHT Asal Timor Leste

Inilah 30 warga Timor Leste yang diamankan pihak Satpol Air Atapupu.

ATAMBUA, Kilastimor.com-Pihak Imigrasi Atambua mendeportasi 30 orang Warga Perguruan Setia Hati Terate (PSHT) asal Timor Leste di PLBN Mota’ain, Dusun Mota’ain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Kamis (28/9).

Ke-30 (tiga puluh) orang tersebut masuk melalui jalur laut tanpa memiliki dokumen yang lengkap.

Begini kronologis kejadiannya. Pada hari Rabu (27/9) sekitar pukul 20.00 Wita, ke-30 (Tiga Puluh) orang WNTL tersebut berangkat dari perairan Batugede, Timor Leste menuju Atapupu, Kabupaten Belu, melalui jalur laut. Mereka saat itu menggunakan Perahu Motor.

Ketika sampai di perairan Atapupu, mereka dihadang oleh anggota Sat Pol Air Polres Belu yang saat itu sedang mengadakan patroli. Maka anggota Sat Pol Air pun mesegra menggiring mereka menuju ke pesisir pantai Atapupu. Disana, ke-30 orang tersebut ditanyai terkait dokumen keimigrasian. Namun, ternyata tak satu pun dari 30 Warga Negara Timor Leste (WNTL) tersebut yang memiliki dokumen keimigrasian yang lengkap.

Tak ingin salah langkah, sekitar puukul 21.00 wita, pihak Sat Pol Air Polres Belu pun segera berkoordinasi dengan pihak Imigrasi Atambua terkait dengan penangkapan tersebut. Maka pihak imigrasi dan Sat Pol Air segera membawa ke-30 WNTL tersebut ke Kantor Imigrasi Atambua untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, dinyatakan ke-30 WNTL tersebut masuk ke wilayah Indonesia secara ilegal tanpa memiliki dokumen keimigrasian yang lengkap. Dikatakan, mereka masuk ke wilayah Indonesia secara ilegal dengan tujuan ingin mengikuti latihan PSHT di Atambua, Kabupaten Belu.

Setelah melakukan pemeriksaan, maka pihak imigrasi segera mendeportasi 30 orang WNTL tersebu ke Timor Leste Melalui PLBN Mota’ain, Kamis (28/9) sekitar pukul 21.30 wita. Pendeportasian ini berjalan dengan lancar dan diterima langsung boleh pihak Imigrasi Timor Leste. (richi anyan)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top