HEADLINE

KPU Malaka Sosialisasi Pendaftaran Partai Politik. 3 Oktober Parpol Mulai Mendaftar

KPU Malaka pose bersama pengurus parpol di Betun.

BETUN, Kilastimor.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malaka Melakukan sosialisasi pendaftaran, penelitian administrasi dan verifikasi faktual Partai Politik di kantor KPU Malaka, Sabtu, (30/9).

Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti sejumlah pengurus partai baik partai lama maupun partai baru. Pengurus partai yang hadir antara lain, Partai BERKARYA, PKP INDONESIA, PBB, PAN, IDAMAN, GERINDRA, NASDEM, PKS, Demokrat, PSI, Perindo, Hanura, PKB, Nasdem, Golkar dan PDIP.

Sosialisasi tersebut langsung dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Malaka, Yeremias C. Kurniawan dan didampingi oleh Sekretaris dan dua Anggota KPU Malaka.

Yerem sapaan karib ketua KPU Malaka pada sosialisasi tersebut menjelaskan tentang jadwal, tahapan dan persyratan pendaftaran administrasi untuk verifikasi faktual partai politik.

Ia mengharapkan agar Semua partai politik bisa memperhatikan dan melihat dengan teliti jadwal dan tahapan yang di bagikan sehingga tidak terjadi kesalahan nantinya.

Demikian juga di tegaskan oleh Juru Bicara KPU Malaka, Yosef Nahak. Sosialisasi ini diberikan kepada partai politik yang ada di Kabupaten Malaka, yang dimana nantinya mereka akan mendaftar menjadi peserta pemilu tahun 2019.

“Tujuan dari sosialisasi ini, menyampaikan materi-materi terkait hal-hal yang perlu dipersiapkan oleh partai politik yaitu berupa dokumen-dokumen persyaratan untuk memenuhi administrasi dalam rangka pendaftaran nantinya,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan berkas-berkas yang dimasukan dalam pendaftaran itu, akan diverifikasi dan apabila lolos dalam verifikasi administrasi dan verifikasi faktual nanti, maka partai-partai politik tersebut akan di tetapkan menjadi peserta pemilu.

“Jadi untuk menjadi peserta pemilu harus mendaftar dan lolos verifikasi. Karena itu, Sabtu (30/9) hari ini kita melakukan sosialisasi agar pengurus partai bisa mengetahui hal-hal yang perlu dipersiapkan. Sehingga pada saat pendaftaran dan verifikasi mereka tidak mengalami kesulitan untuk di tetapkan menjadi peserta pemilu tahun 2019,” tuturnya.

Untuk tahapannya tambah Josef, terhitung 1-3 Oktober akan diumumkan kepada semua partai politik untuk mendaftar. Sedangkan pembukaan pendaftaran dimulai 3-16 Oktober 2017. (piss)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top