HEADLINE

Awasi Pilgub NTT, Panwaslu Kota Kupang Bentuk Panwascam

Adi Nange

KUPANG, Kilastimor.com-Untuk meningkatkan pengawasan terhadap Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) ditingkat kecamatan, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Kupang membentuk Panwaslu Kecamatan (Panwascam).

Pembentukan Panwascam ini, berdasarkan surat Bawaslu RI No:0423/K.BAWASLU/K.01.00/IX/2017, tentang pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwasli) Kecamatan untuk mengawasi pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota di tahun 2018 nanti.

Hal ini disampaikan Ketua Panwaslu Kota Kupang, Julianus Nomleni, melalui Komisioner Panwaslu Kota Kupang, Koordinator Divisi SDM (Ketua Pokja), Adi Nange, pada Rabu (25/10).

Lebih lanjut dikatakan, dengan terbentuknya Panwascam merupakan pintu gerbang yang akan menjadi penentu kesuksesan kinerja pengawas pemilu.

Dimana, selama ini, kesalahan dan kegagalan dalam memilah dan memilih calon Panwascam, akan menjadi titik awal bagi kegagalan dalam pelaksanaan tugas pengawasan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota di tahun 2018 nanti di Kota Kupang. Untuk itu Panwaslih Kota Kupang sangat serius dan selektif dalam proses rekrutmen anggota Panwascam.

Proses pemilihan Panwascam, diawali dengan menyikapi surat dari Bawaslu RI tersebut.  Panwaslu Kota Kupang melalui rapat pleno yang dipimpin oleh Ketua Panwaslih Kota Kupang, Julianus Nomleni, membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Pembentukan Panwascam se-Kota Kupang.

Pokja yang dipimpin oleh Koordinator Divisi SDM Panwaslu Kota Kupang ini telah mengeluarkan pengumuman seleksi penerimaan calon anggota panwaslih kecamatan se-Kota Kupang sejak 6 Oktober 2017 melalui media massa/elektronik, tempat ibadah, dan juga pada papan pengumuman kantor camat se-Kota Kupang. Sedangkan untuk pendaftaran dan penerimaan berkas telah dilaksanakan sejak tanggal 11-17 Oktober 2017.

Seleksi administrasi dan verifikasi calon anggota panwascam telah dilakukan dan ditetapkan sebanyak 66 orang calon yang akan lanjut ke tahapan Tes Tulis yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2017 di Hotel Olive Kupang.

Dari nama-nama yang akan masuk dalam tes tulis ini telah diumumkan di papan informasi pada setiap kantor camat yang ada di Kota Kupang. Dan, pada papan informasi di Kantor Panwaslu Kota Kupang.

Untuk diketahui bahwa, saat ini Panwaslu Kota Kupang  telah membuka ruang publik atau tanggapan masyarakat atas hasil perekrutan calon anggota panwascam bagi seluruh masyarakat Kota Kupang. (qrs)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top