HEADLINE

Ini Penampilan Tarian Ja’i dari Bupati Belu Willy Lay

Bupati Belu ikuti tarian ja'i sambil memegang senjata.

ATAMBUA, Kilastimor.com-Bupati Belu Willybrodus Lay melakukan Ja’i bersama para TNI-POLRI di Lapangan Mako Yonif Raider Khusus 744/SYB, Senin (16/10/2017).
Tarian Ja’i bersama tersebut dilakukan pada saat serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Yonif Raider Khusus 744/SYB dari Letkol Inf. Samsul Huda,SE kepada Mayor Inf. Bima Santosa.

Tarian Ja’i adalah tarian tradisional dari masyarakat Ngada, Flores, NTT. Tarian ini adalah tarian massal yang biasa dilakukan oleh masyarakat Flores sebagai ungkapan rasa syukur dan kegembiraan.

Tarian Ja’i merupakan tarian tradisional yang cukup terkenal dan sering ditampilkan dalam berbagai acara seperti perayaan, upacara adat, dan penyambutan kehormatan. Semakin banyak orang yang ikut dalam melakukan tarian tersebut, maka akan semakin hikmat acara tersebut. Tarian ini memiliki nilai-nilai kehidupan masyarakat yang sangat penting.

Dalam tarian ini, kita bisa melihat bagaimana semangat kebersamaan itu seperti motto TNI, “Bersama Rakyat TNI Kuat dan Profesional”.

Dalam pertunjukan tarian Ja’i, para penari berbaris dan bergerak secara bersama dengan ferakan khas tarian Jai yang mengikuti aliran irama dari musik pengiring. Gerakan tarian Jai cukup sederhana dan dilakukan secara berulang-ulang. Namun, karena dilakukan bersama-sama membuat tarian ini terasa meriah dan menyenangkan.

Para penari diiringi irama musik gong dan gendang yang disebut dengan “Labogo”, terdiri dari “Dear Wela-Wela, Uto-Uto, Meru, dan Labang-Labang”. Kelima alat musik tersebut dimainkan dengan padu.

Dalam perkembangan, Tarian Ja’i mulai mendapatkan perhatian dari masyarakat luas. Kini Tarian Ja’i mulai ditampilkan saat acara tertentu saja, tapi juga ditampilkan saat acara pertunjukan seni dan budaya baik ditingkat lokal, nasional, maupun internasional. Selain itu, berbagai variasi dan modifikasi juga sering dilakukan untuk acara pertunjukan agar terlihat lebih menarik dan tidak kaku.

Pada penampilan Tarian Ja’i yang dilakukan di Lapangan Mako Yonif Raider Khusus 744/sby, Bupati Belu Willy Lay terlihat memegang senapan sambil memperagakan tarian Jai di antara ratusan anggota TNI-POLRI.
Terpancar senyum merekah dari wajah Willy Lay menandakan sebuah kebahagian saat melakukan tarian Ja’i tersebut.

Selamat bertugas Letkol Inf. Samsul Huda, SE di kesatuan yang baru. Selamat datang Komandan yang baru Mayor Inf. Bina Santosa di Batalion Infanteri Raider Khusus 744/sby. (richi anyan)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top