HEADLINE

Jarpuk Inafo’a dan Bulog Galakan Gerakan Stabilitas Pangan

Jarpuk Inafa'o

KUPANG, Kilastimor.com-Organisasi Perempuan yang bernama Jaringan Perempuan Usaha Kreatif (Jarpuk) Inafo’a, melalui UPL Flobamora, dibawah binaan Bank NTT, membangun kerjasama dengan Bulog, mendukung stabilitas pangan.

Melalui dukungan tersebut, selama bulan Oktober Jarpuk atau UPL Flobamora bersama Bulog melakukan Gerakan Stabilisasi Pangan. Hal ini disampaikan Koordinator UPL Flobamora, Yustina S. Sadji, saat ditemui kilastimor.com, di sela-sela persiapan Gerakan Stabilisasi Pangan tersebut, tepatnya pada Sabtu (30/10) petang, di bilangan Kelurahan Bakunase Kota Kupang.

Yustina kepada kilastimor mengatakan bahwa, dalam gerakan stabilisasi pangan tersebut, UPL Flobamora akan melakukan operasi pasar murah. Operasi pasar murah tersebut diinisiasi melalui rumah pangan. Dijelaskan, rumah pangan sendiri merupakan wadah yang dibentuk oleh masyarakat, yang bermitra dengan bulog. Dimana UPL Flomaora sendiri dalam gerakan tersebut memiliki rumah pangan sendiri.

Yustina menambahkan, Melalui rumah pangan untuk operasi pasar, pada persiapan awal, Bulog  menyiapkan beberapa komoditi, yakni  Beras 5 ton, gula pasir 3 ton, bawang putih dan bawang merah masing-masing 300 kg. Menurutnya, komoditi-komoditi tersebut, akan dijual kepada masyarakat dengan harga yang terjangkau, yakni beras 5% premium seharga 9000/kg, gula pasir 12.500/kg, bawang putih 20.000/kg, dan bawang merah 20.000/kg.

Terkait kerjasama Jarpuk, melalui UPL Flobamora dengan Bulog, Yustina mengatakan bahwa kerjasama tersebut didasari oleh kepedulian mereka untuk kestabilan pangan masyarakat di Kabupaten Kupang dan Kota Kupang. Dimana, ada dua program yang  akan dilakukan dalam kerjasama tersebut.

Menurutnya dalam program tersebut, Bulog bersama UPL Flobamora  akan memastikan kestabilan  atau ketersediaan pangan murah bagi masyarkat. Dimana, memastikan Masyarakat untuk bisa mengakses pangan murah dengan harga lebih terjangkau.  Kemudian program yang kedua adalah pasar murah. Dalam Kegiatan bersama  tersebut, UPL Flobamora dan Bulog  turun ke masyarakat menjual pangan yang lebih terjangkau bagi masyarakat.

“Jadi kedua program tersebut akan berjalan bersama. Kami akan melakukannya selama bulan Oktober nanti. Kami bersama Bulog lebih dahulu memastikan ketersediaan pangan murah dulu bagi masyarakat. Kemudian kami akan turun ke masyarakat untuk melakukan operasi pasar,” tandas Yustina.

Sementara itu dua orang anggota Jarpuk Ny. Welli Manafe dan Ny. Eka Sulistia, ketika ditemui kilastimor.com dalam kesempatan yang sama sedikit menjelaskan tentang  keterlibatan Jarpuk melalui UPL Flobamora dalam kerjasama dengan Bulog.

Diceritakan, kerjasama tersebut berawal dari Jarpuk memiliki kepedulian, untuk berbagi informasi, kepada masyarakat tentang ketersediaan dan stabilitas pangan masyarakat. Sehingga kemudian, bekerja secara jejaring dengan Bulog membantu masyarakat dalam mengakses pangan yang lebih terjangkau. Ditambahkan, Kepedulian Jarpuk Inafo’a selama ini, memastikan masyarakat miskin dan termarjinal dapat terjangkau. Dimana dalam hal kebutuhan pangan, banyak sekali masyarakat miskin dan termarjinal yang tidak dapat mengakses pangan yang disediakan pemerintah melalui Bulog.

Turut hadir dalam persiapan Gerakan Stabilisasi Pangan tersebut, Ny. Widya Ullu, Ny. Florentina Bara, Ny. Indra Lai, Ny. Teotonio Guteres, dan Ny. Rahel Tahe. Mereka juga anggota Jarpuk yang aktif hingga saat ini. (qrs)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top