HEADLINE

Jelang Deklarasi, Esthon-Christ Minta Restu Leluhur dan Keluarga

Bacagub NTT, Esthon L. Foenay pose bersama sejumlah keluarganya.

KUPANG, Kilastimor.com-Pasangan Bacagub-Bacawagub NTT, Esthon L. Foenay-Christian Rotok akan menggelar deklarasi yang akan dihelat Sabtu, (7/10) besok.

Terkait acara itu, Pasangan Esthon-Christ tagline pasangan itu, meminta restu dari leluhur dan keluarga. Permintaan restu ini dilakukan melalui ritual adat yang digelar di Sonaf Pola, pada Jumat (6/10).

Esthon pada kesempatan ini mengatakan, Sonaf Pola merupakan rumah raja atau adat Helong, yang sejak dahulu dijadikan sebagai tempat pertemuan keluarga besar.

Pada kesempatan ini, di rumah tersebut, kedua pasangan mengumpulkan keluarga besar untuk menyampaikan isi hati mereka terkait deklarasi kedua pasangan.

“Sonaf Pola ini adalah rumah adat atau tempat sejarah bagi orang Timor. Dimana, pada 28 Oktober 1928 silam Bapak saya menjadi Fetor. Sehingga meminta dukungan dari leluhur, juga kami mengumpul semua keluarga untuk menyampaikan niat kami, terkait deklarasi yang akan digelar pada hari besok,” jelas Esthon.

Lebih lanjut, pada momen tersebut, Esthon mengajak semua keluarga untuk bersama-sama menghadiri acara deklarasi.

Hal ini menurutnya, untuk memastikan Esthon-Christ dinyatakan secara sah dalam pencalonan nanti.

Sementara itu, Christian Rotok pada kesempatan ini menambahkan terkait ritual adat yang dilakukan.

Dijelaskan, ritual tersebut merupakan bagian dari pasangan Esthon-Christ meminta restu kepada alam dan keluarga, agar memberikan dukungan, terkait pencalonan pasangan ini.

Keduanya berharap, setelah mendapatkan restu, keduanya akan mengikuti pilkada pada 2018 mendatang. Keduanya berharap selama menjalankan deklarasi, pencalonan, hingga pilkada nanti tidak ada aral yang melintang, bahkan berjalan mulus.

Untuk diketahui bahwa ritual adat tersebut ditandai dengan pemotongan satu ekor sapi, di halaman Sonaf Pola. Sedangkan Deklarasi pasangan Esthon-Chris sendiri, akan digelar di GOR Oepoi Kupang. (qrs)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top