HEADLINE

Kongko-Kongko Sebagai Bunga dalam TMMD

Bermain Hula Hoop

ATAMBUA, Kilastimor.com-Lonceng sekolah yang terbuat dari felek mobil sudah berbunyi sebagai tanda istirahat pertama. Anak-anak SD Mota’ain ramai-ramai berlari keluar kelas menuju halaman upacara bendera untuk bermain. Tapi hari itu (3/10) menjadi hari yang berbeda dari hari-hari sebelumnya.

Serma Lukas Dangga, Salah seorang staf Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) saat itu sedang mengunjungi SD Mota’ain yang berada di Dusun Mota’ain, Desa Meneikun, Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu. SD Mota’ain yang berada 20 meter dari Pos Perbatasan RI-RDTL Halibete adalah salah satu lokasi TMMD. Di sekolah ini, para TNI sedang membangun sebuah Perpustakaan bagi anak-anak sekolah SD Mota’ain.

Melihat, anak-anak berlari menuju lapangan untuk beristirahat, Serma Lukas lantas mengajak mereka bermain bersama. Serma Lukas memang sebelumnya telah melakukan koordinasi dengan kepala sekolah untuk bermain bersama anak-anak saat istirahat. Niat itu disetujui oleh kepala sekolah.

“Ayo kita kumpul bermain ini,” ajak Serma Lukas sembari mengambil beberapa peralatan permainan yang memang sudah disiapkan sebelumnya. Tanpa banyak tawar lagi, anak-anak pun langsung berlarian menuju ke arahnya.

Sangking banyak anak yang ingin bermain, Serma Lukas pun kebingungan mengatasinya. “Begini… kita bermain 10 anak laki-laki lawan 10 anak perempuan,” ujarnya sembari mengangkat kedua tangannya tinggi-tinggi, menunjukkan 10 jemari tangannya. “Kita akan bermain hula hoop,” lanjutnya.

Hula hoop adalah sejenis permainan menggunakan hula hoop (gelang berukuran besar) ditaruh di pingggang lalu diputar dengan cara menggoyang pinggang. Tujuannya untuk menurunkan berat badan.

Namun, pada permainan kali ini, berbeda dari umumnya. Hula hoop di modifikasi menjadi sebuah permaianan bersama tim yang mengandalkan kekompakan. Para siswa dibagi dalam dua tim yaitu, tim putri dan tim putra. Masing-masing tim terdiri dari 10 orang.

Cara bermainnya, tiap anggota tim berdiri berjejer sembari rentangkan tangan sambil tangan berpegangan satu dengan lainnya. Kedua tim saling berhadapan. Hula hoop diletakkan di pundak salah satu anggota kelompok kemudian hula hoop tersebut harus berpindah dari satu anggota kelompok ke anggota kelompok yang lain sampai ke anggota kelompok yang terakhir dengan tangan para anggota kelompok tetap berpegangan. Anggota kelompok boleh menggerakkan seluruh badan untuk memindahkan hula hoop. Adapun larangan dalam permainan ini, hula hoop tidak boleh dipegang atau digenggam oleh tangan anggota kelompok.

Sebelum pertandingan dimulai, Serma Lukas masih memperagakan cara bermain hula hoop sehingga kedua tim dengan mudahnya mengerti cara bermainnya. Pertandingan pertama dimenangkan oleh tim putra. Sedangkan pertandingan kedua dimenangkan oleh tim putri. Saat pertandingan berlangsung, anak-anak sekolah lain yang tidak ikut bermain ikut memberikan semangat kepada tim yang mereka dukung. Pertandingan terpaksa dihentikan dalam posisi seri karena waktu istirahat anak-anak sekolah telah usai.

“Permainan hula hoop ini tidak hanya sekedar memberikan kesenangan semata untuk anak-anak di waktu istirahat mereka, tapi juga mau mengajarkan pentingnya sebuah kerja sama untuk mencapai sebuah kemenangan,” ujar Serma Lukas.

Serma Lukas menuturkan bahwa semua anggota satgas TMMD yang dikomandani oleh Dandim 1605/Belu tetsebut dituntut untuk harus mampu memberikan hiburan kepada anak-anak sekolah di sela mereka menyelesaikan program TMMD-nya. Karena itu, butuh kreativitas lebih dari para anggota satgas TMMD.

Mereka sebut berbagai permainan ini dengan istilah Kongko-kongko. “Kongko-kongko ibarat bunga yang memberikan warna tersendiri dalam melaksanakan TMMD”, tuturnya.

Setelah bermain bersama anak-anak, Serma Lukas kembali menjalankan tugasnya dengan mendata kembali proses dan perkembangan para anggota TNI yang sedang mengerjakan Perpustakaan SD Mota’ain. Data-data itu kemudian dibawah kembali ke Pos Satgas TMMD untuk dilaporkan kepada komandannya.(richi anyan)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top