HEADLINE

Kota dan Kabupaten Kupang Diguncang Gempa 4,3 SR

Rumah rusak akibat gempa bumi.

KUPANG, Kilastimor.cim-Masyarakat Kota dan Kabupaten Kupang dan sekitarnya, Senin (9/10), sekira pukul 13.09 Wita, dikejutkan dengan gempa bumi tektonik. Tak pelak warga berhamburan keluar rumah, karena merasakan gempa bumi tektonik berkekuatan 4.3 Skala Richter tersebut.

Kepala BMKG NTT, Hasanudin kepada wartawan kilastimor.com, membenarkan adanya gempa bumi tektonik yang dialami masyarakat Kabupaten Kupang dan Kota Kupang.

Hasanudin menjelaskan, hasil analisis BMKG menunjukan gempa bumi yang terjadi berkekuatan 4.3 Skala Richter.  Sedangkan Pusat gempa sendiri, berada di darat  11 km arah tenggara Kota Kupang, dengan koordinat 10.25 LS dan 123.66 BT dan kedalaman 10 km.

“Dari hasil analisis kami, yakni melalui peta tingkat guncangan atau shakemap BMKG, dampak gempa bumi ini menimbulkan guncangan pada I Skala Intensitas Gempa bumi BMKG (SIG-BMKG) atau I-II skala intensitas Modified Mercally Intensity (MMI) di wilayah Kota Kupang dan sekitarnya. Kemudian, Berdasarkan informasi masyarakat yang kami terima, getaran gempa bumi dirasakan I SIG-BMKG (I-II MMI) di wilayah Kota Kupang dan Kabupaten Kupang,” jelasnya.

Ketika ditanya, apakah dengan adanya gempa yang berkekuatan 4.3 Skala Richter, tersebut berpotensi Tsunami, Dirinya mengatakan bahwa, dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal, dan tidak berpotensi tsunami.

Dengan demikian, dirinya menyimpulkan bahwa, gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami, dikarenakan pusat gempa bumi berada di darat. Walaupun demikian, dirinya menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. (qrs)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top