EKONOMI

Pemda Belu Peringati Hari Pangan Sedunia di Kakuluk Mesak

Peringatan hari pangan se-dunia di Belu

ATAAMBUA, Kilastimor.com-Dalam rangka memperingati hari Pangan sedunia yang ke-37, Pemda Belu mengadakan peringatan Hari Pangan Sedunia di Lapangan Kantor Camat Makhluk Mesak, pada Jumat (20/10/2017).
Acara peringatan ini bertajuk “Mengembangkan Pangan Lokal untuk Menjamin Kecukupan Pangan Menuju Kabupaten Belu yang Bermartabat dan Berdaulat Pangan”.

Asisten II Setda Belu Ir. Yeremias Kali Taek mewakili Bupati Belu dalam sambutannya mengatakan Hari Pangan Sedunia merupakan hajatan dari pada para petani. Karena itu, Pemkab Belu mengharapkan adanya perubahan dan kesadaran dari masayarakat di bidang pertanian.

Lebih lanjut, Yeremias menjelaskan peringatan Hari Pangan Sedunia kaki ini adalah sebuah upaya bersama untuk mendorong dan menjamin ketersediaan pangan demi mewujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan pada Tahun 2045 nanti. Akan tetapi, semuanya ini kembali pada kesadaran semua masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Kabupaten Belu.

Berbicara soal pangan, lanjutnya, bukan hanya berbicara soal padi dan jagung saja. Bicara soal pangan sama artinya berbicara terkait semua SDA yang dikelola dan dihasilkan dari tanah.

Karena itu, ia mengajak semua elemen masyarakat dan pemerintahan untuk bersinergi dalam mengatasi berbagai persoalan yang ada. Tujuannya untuk mewujudkan Kabupaten Belu menjadi kabupaten yang Bermartabat dan Berdaulat dalam bidang pangan. Dengan demikian, Kabupaten Belu pun dapat bersaing dengan daerah-daerah lainnya dalam bidang Pangan.

Karena itu, Yeremias mengajak seluruh masyarakat untuk merubah gaya pola hidup lama yang hanya tergantung pada padi dan jagung saja. Yeremias menuturkan bahwa masih banyak potensi-potensi alam lain yang dapat di kelola oleh masyarakat. Salah satu contoh adalah Kecamatan Kakuluk Mesak yang memiliki hasil laut yang luar biasa.

Diakhir sambutannya, Yeremias berharap kepada para PPL agar tidak bosan-bosannya memberikan pelayananan, penyuluhan, dan pendampingan kepada para kelompok masyarakat tani. Dengan demikian, para petani kita memiliki semangat kreatifitas yang tinggi dalam mewujudkan Kabupaten Belu sebagai kabupaten yang memiliki ketahanan pangan yang luar biasa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Belu, Ny. Vivi Lay Danyon RK 744/Syb Mayor Inf. Bima Santoso, Wadan Satgas Pamtas Sektor Timur Yonif R 712/Wt Mayor Inf. Zaenulah, Kepala BNN Kabupaten Belu Ferdinandus Bone, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Belu Maria Sabina Mau Taek, Kadis Peternakan Kabupaten Belu Laurentinus Kiik Nahak, Camat Kakuluk Mesak Tarsisius Un Naysali, Danramil 1605-02/Atapupu Mayor Inf Ery Ninu, Kapolsek Kakuluk Mesak, dan Para Camat se-Kabaputen Belu dan para kepala desa. Hadir pula para Utusan Kelompok Tani Setiap Kecamatan se-Kabupaten Belu dan para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama Serta Tokoh Pemuda.

Diakhir kegiatan, Asisten II Setda Belu bersama para tamu undangan melakukan kunjungan ke stand-stand hasil Pangan Lokal dan komoditi lokal yang ditampilkan masyarakat dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupayen Belu. (richi anyan)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top