HEADLINE

Pemkab Kupang Sosialisasi e-Planning dan e-Musrenbang

Sosialisasi e-planning dan e-musrembang

OELAMASI, Kilastimor.com-Pemkab Kupang Sosialisasikan Penerapan Website e-planning dan e-Musrenbang.
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang akan menerapkan Ee-planning dan e-Musrenbang. Hal ini dibuktikan melalui sosialisasi perencanaan partisipatif berbasis e-planning dan e-musrenbang. Sosialisasi tersebut digelar di Aula Hotel Ima Kupang. yang digelar pemkab Kupang pada, Kamis (5/10).

Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, Hendrik Paut, ketika membuka kegiatan ini dalam sambutannya mengatakan, Kemajuan teknologi dan informasi yang semakin cepat saat ini menuntut pemerintah untuk melakukan reformasi birokrasi.

Hal ini menurutnya, demi meningkatkan pelayanan publik yang cepat, bersih, transparan, akuntabel, serta menjawab kebutuhan masyarakat.

Dirinya mengatakan, salah satu terobosan yang dilakukan Pemerintah ialah, dengan penerapan data informasi dan media komunikasi yang lebih baik melalui e-Government. Dijelaskan, hal ini penting demi memperbaiki sistem pelayanan, dari manual dengan menerapkan teknologi berbasis web.

Dikatakan salah satunya dalam penerapan perencanaan partisipatif berbasis web e-planning dan e-Musrenbang sebagai salah satu strategi peningkatan konsistensi perencanaan dan penganggaran di daerah.
Dirinya mengharapkan, sosialisasi perencanaan partisipatif berbasis Web e-planning dan e-musrenbang tersebut, dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas perencanaan.

“Tentunya kita berharap, efisiensi dan efektifitas perencanaan, mulai dari penyusunan, pengendalian dan evaluasi sesuai dengan amanat UU No. 25 Tahun 2014 tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, melalui e-planning dan e-musrenbang, kita dapat memperkecil penyalahgunaan kewenangan, tugas dan fungsi serta menjaga konsistensi pelaksanaan dokumen perencanaan dan penganggaran di daerah,” Ungkapnya.

Diakhir sambutannya, dirinya menegaskan, pentingnya ketaatan SKPD dan stekholder lainnya, terhadap mekanisme perencanaan sesuai dengan perundang-undangan. Sehingga prioritas pembangunan di daerah dapat terealisasi sesuai rencana.

Kepala Bappelitbangda Kab. Kupang dr. Meserasi Ataupah, pada kesempatan tersebut juga mengungkapkan, prioritas pembangunan Kabupaten Kupang, lebih mendorong produktivitas ekonomi masyarakat berbasis pada kualitas pelayanan dasar dan percepatan pembangunan infrastruktur.

Dijelaskan, melalui sosialisasi tersebut, didorong pengembangan tata kelola Pemerintah yang transparan dan akuntabel, di lingkup pemkab Kupang. Sehingga, fokus pelayanan kepada masyarakat, dapat terselenggara dengan baik.

Sementara itu, Ketua Panitia pelaksana Paulus Liu, dalam laporannya menjelaskan tentang kegiatan sosialisasi tersebut. Dijelaskan, sosialisasi tersebut diikuti oleh Segenap Pimpinan OPD, pejabat dibidang Perencanaan dari OPD dan Kecamatan.

Pemateri kegiatan sendiri menurutnya, didatangkan dari JMC IT Consultant Yogyakarta, yang langsung dipimpin oleh Gilang Risky. Disebutkan, Gilang Risky, langsung membawakan materi pengembangan Perencanaan berbasis Web, Optimalisasi Pemanfaatan teknologi, diskusi, dan praktek bersama penerapan program.

Hadir pada kegiatan tersebut, para pejabat dilingkup Pemkab Kupang, diantaranya, Irda, Anton Suriasa, Kepala, Kadis PU, Jhoni Nomseo, dan Kadis Nakertrans, Kristian Koroh. (qrs)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top