HEADLINE

Pihak Puskesmas Weliman Bagikan Obat Gratis untuk Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Kaki Gajah

Pembagian obat kaki gajah kepada masyarakat Weliman.

BETUN, Kilastimor.com-Pihak Puskesmas Weliman membagikan obat Kaki Gajah secara gratis di Polindes Weliman,  Kabupaten Malaka, Rabu (11/10).
Ikut hadir dalam kegiatan itu antara lain, Kapolsek Weliman, Kanit Intelkam, perawat, bidan, kepala dusun serta warga Desa Laleten.

Maria Gaudensia Seuk Nahak, A.Md. Kep. menjelaskan soal penyakit kaki gaja/filariasis yang masih banyak diidap. Kaki gajah merupakan penyakit menular. Karena itu perlu pencegahan dan pengobatan terhadap penyakit tersebut.

“Penyakit kaki gajah/filariasis adalah penyakit infeksi yang bersifat menahun, yang disebabkan oleh cacing filaria. Selain ditularkan oleh nyamuk juga penyebab penyakit kaki gajah/filariasis oleh cacing filaria yang hidup dalam tubuh.
Cacing filaria dapat bertahan selama 4-6 tahun dalam saluran getah bening (bagian tubuh yang melindungi manusia dari penyakit), serta berkembangbiak di dalam tubuh dan menghasilkan jutaan anak cacing/mikrofilaria yang beredar dalam darah

Penyakit kaki Gajah atau filariasis papar dia, ditularkan dari seseorang yang daranya mengandung mikrofilaria melaui orang lain dari gigitan ngamuk. Pada waktu nyamuk mengisap orang tersebut, mikrofilaria ikut terisap dan masuk ke tubuh nyamuk kemudian mikrofilaria beruba menjadi larva dan ditularkan kepada orang lain melalui gigitan nyamuk.

Cara pencegahanya katanya, melalui minum obat sekali setahun selama 5 tahun, menghindari gigitan nyamuk dengan cara mengunakan kelambu saat tidur, mengunakan obat nyamuk semprot, bakar atau sejenis lainnya, menutup ventilasi rumah dengan kawat asa serta membrantas dengan cara menjaga kebersihan lingkungan, menghilangkan atau membersikan tempat-tempat nyamuk dengan menimbun dan mengeringkan atau mengalirkan air yang tergenang.

Untuk pengobatannya sebut dia, dengan cara memberikan obat Albendazole atau DEC pada POPM penyakit kaki gajah yang mempunyai kegandaan. Maanfaat dari obat tersebit dapat mematikan dan memandulkan cacing filaria dewasa serta dapat mematikan cacing perut seperti cacing tambang, cacing gelang, cacing cambuk dan cacing krem.
Obat ini urai dia, bisa diminum oleh anak berumur dua tahun hingga 70 tahun.

Setelah melakukan penjelasan, Maria langsung meminta masyarakat minum obat tersebut dan disaksikan langsung oleh tim medis yang hadir. (piss)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top