HIBURAN

Sekda Malaka: Sosialisasi Germas Harus Disasar ke Masyarakat dan Anak-anak bukan Pejabat

Sosialisasi Germas

BETUN, Kilastimor.com-Dinas Kesehatan Malaka sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

Sosialisasi itu berlangsung di Aula Susteran SSpS di Hadiri Oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Donatus Bere, Staf Dinas Kesehatan Propinsi NTT, I Made Sumiartha, SKM. MPH. Hadir juga
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka Paskalia Frida Fahik, Perwakilan OPD lingkup Pemkab Malaka serta Camat Se-Kabupaten Malaka maupun beberapa lembaga keuangan yang berada di Kabupaten Malaka, Senin (02/10).

Sekda Malaka Donatus Bere dalam Sambutan sekaligus membuka kegiatan sosialisasi Germas tersebut mengatakan, kegiatan ini seharusnya disasar kepada anak-anak sekolah dan masyarakat desa sehingga manfaatnya bisa dirasakan.

Donatus menegaskan, sosialisasi jangan hanya pada pejabat eselon III dan pengawai-pengawai saja karena kita sudah mengerti. Sejak tahun 80-an sudah dilakukan untuk pejabat.

“Jika kegiatan Germas ini sasaranya hanya untuk eselon, sebaiknya tidak usah dilakukan,” tegasnya.

Donatus meminta agar dinas kesehatan bisa koordinasi dengan kecamatan maupun desa, untuk bisa melakukan kegiatan serupa. Hal ini dimaksudkan agar desa bisa mengangarkan dana untuk kegiatan seperti ini. Desa punya dana desa untuk bisa melakukan kegiatan Germas. Jadi sasaranya anak-anak dan masyarakat jalankan pola hidup sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka dr. Paskalia Frida Fahik menjelaskan
sesuai kebijakan kesehatan masyarakat Malaka kesehatan menjadi salah satu prioritas.

“Kita juga masih ada penyakit yang di daerah lain sudah teratasi dan tidak ada lagi, seperti kusta, kaki gajah dan frambusia,” imbuhnya.

Ia juga menambahkan yang trend di kabupaten Malaka saat ini penyakit jantung dan gula”

Frida meminta agar semua komponen yang terlibat dapat menyampaikan kepada masyarakat di daerah masing-masing.
“Melalui puskesmas kita sudah melakukan Germas di masyarakat, kedepan harapan kami bisa bekerja sama dengan kecamatan dan desa untuk melakukan kegiatan serupa,” ujarnya. (piss)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top