EKONOMI

30 Kelompok Tenun Malaka Tengah dan Weliman Dilatih Atasi Kelunturan

Camat Malaka Tengah menyerahkan bantuan alat kepada kelompok tenun.

BETUN, Kilastimor.com-Untuk mengembangkan tenun ikat yang berkualitas, Dinas Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Malaka melakukan pelatihan kepada 30 kelompok tenun ikat pada dua kecamatan yaitu Kecamatan Malaka Tengah dan Weliman di Panggung Lapangan Umum Betun. Senin (27/11/2017).

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Stefanus Klau, Camat Malaka Tengah Eduardus Bere Atok.
Kepala dinas perindustrian, koperasi dan UKM dalam sambutannya berterimakasih kepada Bupati Malaka Stefanus Bria Seran karena sudah memberi kesempatan kepada pihaknyanuntuk melakukan kegiatan ini.

Pelatihan ini awalnya direncanakan dilangsungkan pada Oktober lalu, tapi karena ada persoalan keterlambatan bahan-bahan dan alat lainya, sehingga bulan ini baru melaksanakannya. “Karena bahan dan alatnya kita ambil dari surabaya,” jelasnya.

Pelatihan yang digelar, lebih ditekankan pada upaya mengatasi kelunturan pada kain, menggunakan bahan kimia.

“Nanti kita latihan langsung cara pencelupan benang, ukuran bahan kimia dan waktu pencelupan benang,” terang dia.

Dalam perencanaan tambahnya, akan pihaknya akan melakukan
studi banding sehingga tenun ikat yang diproduksi tidak mudah luntur seperti biasanya.

Ia menghimbau kepada kelompok tenun yang hadir, untuk bisa mengajarkan kepada anak-anak, sehingga tenun tidak berakhir dan turun temurun dijalankan.

Pada kesempatan ini juga ia menegaskan agar kelompok tenun yang hadir dapat mengikuti pelatihan degan baik sehingga bantuan ini bisa bermanfaat.

Sementara itu, Camat Malaka Tengah Eduardus Atok mengatakan, pelatihan tenun ikat, sangat bermanfaat dan kedepan bisa dilakukan secara massal.

Dia mengharapkan, semoga materi yang disampaikan sesuai dengan apa yang di rencanakan dan masyarakat yang hadir disini bisa menerima dengan baik sehingga bisa ada timbalbaliknya.

Ketua Kelompok Harapan Desa Wesei, Kecamatan Weliman Viktoria Hoar ketika dikonfirmasi berharap kegiatan pelatihan ini bisa dikembangkan di kelompok tenun dan kepada masyarakat. (pisto)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top