HEADLINE

GSC Gelar Pelatihan Jurnalistik di Tastim

Wartawan Kilastimor.com memberi pelatihan jurnalistik.

Kunci dari Menulis adalah Menulis, Bukan Berpikir.

ATAMBUA, Kilastimor.com-Generasi Sehat Cerdas (GSC) kembali melakukan pelatihan peningkatan kapasitas pengembangan media komunitas.

Wartawan Kilastimor.com, Richi Anyan pada pelatihan peningkatan kapasitas tentang pengembangan media komunitas yang diadakan oleh Generasi Sehat Dan Cerdas (GSC) di Aula Kantor Camat Tasifeto Timur, pada Senin (20/11/2017) mengemukakan menyampaikan teknik reportase dan teknik penulisan berita. Baginya, berita melalui sejumlah proses. Pembuatan berita diawali dengan mengumpulkan keterangan narasumber ataupun hasil pengamatan kemudian diramu menjadi berita.

“Untuk bisa berenang, orang harus berenang. Demikian halnya dengan menulis. Untuk bisa menulis, orang harus menulis, bukan berpikir,” tegasnya.

Dikatakan, banyak mengeluh tentang proses menulis. Hal tersulit yakni memulai kalimat pertama. Karena itu, dia meminta para peserta untuk menulis apa saja yang dilihat oleh mereka. Setelah menulis, barulah menilai ulang tulisan tersebut atau mengedit ulang tulisan yamg ada.

Richi meminta para peserta agar peka dengan situasi yang terjadi di sekitarnya. “Seorang jurnalis harus mampu menangkap berbagai fenomena yang terjadi di sekitarnya,” ujarnya.

Richi berharap agar setelah pelatihan ini, para peserta dapat pulang ke desanya masing-masing dan menulis berbagai hal yang terjadi di sekitarnya. “Jadilah bagian dari pembawa perubahan. Karena lewat menulis, kalian dapat merubah pikiran banyak orang untuk melakukan sesuatu ke arah yang lebih baik,” tandasnya.

Untuk diketahui, kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan 12 desa yang ada di Kecamatan Tasifeto Timur tersebut bertujuan untuk melatih para peserta menulis berbagai permasalahan sosial, khususnya dalam bidang Pendidikan dan kesehatan yang berada di sekitar mereka.

Pelatihan ini juga bertujuan agar segala permasalahan dan prestasi dalan bidang pendidikan dan kesehatan dapat diketahui oleh khalayak umum lewat rencana buletin yang akan mereka buat. (fed)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top