HEADLINE

Kader Harus Kuasai Informasi KIP dan Kesehatan Reproduksi

Promosi KIP dan kesehatan reproduksi di Malaka.

Betun, Kilastimor.com-Program Kerja Kampung KB se-Kabupaten Malaka tahun 2017, kerja sama dengan BKKBN Provinsi NTT dan Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Malaka yakni melakukan kegiatan Promosi KIP, Konseling Kesehatan Reproduksi.

Menindaklanjuti program kerja itu, dilakukan sosialisasi dan promosi di Aula Hotel Ramayana Betun Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten malaka, Senin (27/11/2017).

Hadir pada kesempatan ini
Kabid KB dinas PPKBPPPA, Paulus Muti para kepala desa, petugas KB dari 11 desa, Pembantu Pembina KB Desa, PLKB, Kader, stakeholder terkait di
wilayah kampung KB.

Kegiatan ini dilakukan untuk mempromosi dan komunikasi interpersonal konseling kesehatan reproduksi agar dapat meningkatkan derajat kesehatan reproduksi keluarga terutama melalui pelayanan Keluarga Berencana (KB).

Kabid KB Dinas PPKBPPPA Paulus Muti menjelaskan, promosi kesehatan reproduksi diharapkan terus dilakukan PLKB, Kader maupun stakeholder terkait. Hal ini agar masyarakat memiliki pengetahuan yang cukup tentang
kesehatan reproduksi termasuk pelayanan KB untuk meningkatkan kepesertaan KB PUS di kampung KB.

“Penggarapan program KKBPK didasarkan peta wilayah program KKBPK yang difokuskan pada daerah-daerah yang masih kurang,” jelas dia.

Ia meminta digunakan teknik
konseling yang benar, agar kader mampu menggarap wilayah merah/kurang di Peta yang disampaikan sebelumnya.

Kabid Kesmas Dinkes, Fery Fahik mengatakan saat yang paling tepat untuk pemasangan kontrasepsi adalah pada masa nifas (KB Paska Persalinan) dan masa haid. Karena dipastikan klien tidak terjadi kehamilan.

Selain itu Fery menjelaskan tentang jenis-jenis alat dan obat kontrasepsi, agar para kader makin menguasainya. (pisto)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top