HEADLINE

Lima Imam Baru Ditahbis. Uskup Atambua: Tugas Imam Yakni Hadirkan Keselamatan Tuhan bagi Umat

BETUN, Kilastimor.com-Tugas seorang imam adalah menghadirkan keselamatan Tuhan bagi umatnya. Hal ini disampaikan Uskup Atambua, Mgr. Dominikus Saku, Pr dalam khotbahnya dalam misa pentahbisan lima imam baru di Gereja Katolik Santa Maria Fatima Betun, Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah, Kamis (30/11/2017).

Uskup Mgr. Dominikus Saku, Pr menyebutkan wilayah-wilayah di Keuskupan Atambua yang meliputi Belu, TTU dan Malaka, masih sangat membutuhkan imam untuk meningkatkan iman umat-umat Kristus. Pasalnya, dunia sekarang membutuhkan Tuhan yang bisa di lihat yaitu melalui imam-iman.

Menurut Uskup umat sangat mendambahkan imam-imam yang menjadi figur Kristus untuk melayani umat Kristus. “Dunia sekarang membutuhkan Tuhan yang dapat mereka temui di jalan-jalan. Persoalan yang kita temui di saat ini adalah kesibukan kita masing-masing mulai dari Uskup sampai dengan umat. Kesibukan ini membuat kita sampai lupa akan Tuhan,” terang dia.

Karena itu sambungnya, para imam baru ini di tuntut untuk siap melayani dan mendoakan umatnya.

Tugas pertama seorang imam bilang dia, menghadirkan keselamatan Tuhan bagi umatnya. Tugas kedua imam adalah sebagai nabi. Menurut para ahli, suara para uskup, imam, dan para katekismus lebih bergaung dalam tugas. ketiga, tugas sebagai raja dan mahkota imam adalah umat.

Pada kesempatan itu, Uskup menegaskan agar para imam baru untuk berpegang pada semua ajaran yang sudah diterima saat pendidikan. Jadikan sabda terus bergaung dalam hidup dalam kesaksian yang meyakinkan.

Pantauan media ini, setelah khotbah dilanjutkan dengan acara penumpangan tangan oleh uskup kepada para calon imam (Diakon) kemudian Pemakaian stola dan kasula bagi imam baru dan pengurapan minyak krisma oleh Uskup kepada para imam baru.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut: Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, anggota DPRD Provinsi NTT Anselmus Tallo, Bupati Belu, Willybrodus Lay, Ketua DPRD Malaka, Adrianus Bria Seran, Sekda Malaka, Donatus Bere, para pimpinan OPD Kabupaten Malaka, koor sponsor dari sekolah se-kabupaten Malaka yang mengiringi misa pertabisan, serta ribuan umat keuskupan Atambua.

Terlihat pihak keamanan TNI/POLRI, POL PP, turut mengawal keamanan prosesi pentahbisan. (pisto)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top