EKONOMI

Mahasiswa Perikanan UKAW Kunjungi Desa Suai

BETUN, Kilastimor.com-Mahasiswa Jurusan Perikanan, Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Kristen Artha Wacana Kupang akan melakukan Kegiatan pendidikan wisata dan pengabdian pada masyarakat Desa Suai, Kecamatan Malaka Tengah kabupaten Malaka.

Kegiatan pendidikan wisata dan pengabdian pada masyarakat direncanakan selama satu minggu, terhitung 29 November hingga 4 Desember.

Ketua rombongan Welem Yupiter Giri bersama mahasiswa printis lainya yang datang dahulu untuk meninjauh lokasi, Selasa (28/11/2017) menyebutkan, pihaknya sebanyak 30 orang mendahului rombongan lainya, untuk melakukan survei lokasi sekaligus konfirmasi dengan pemerintah setempat terkait persiapan penyambutan dan hal teknis lainya.

“Besok teman-teman mahasiswa bersama dosen berkisar 300 mahasiswa, akan tiba di Malaka, diperkirakan pukul 16:00 wita dengan mengunakan bus. Kami datang lebih dulu untuk pastikan semua,” terang Giri.

Ia menjelaskan kegiatan pendidikan wisata dan pengabdian pada masyarakat bertujuan untuk memberi dorongan dan pengelolaan ikan yang baik kepada masyarakat, sehingga bisa menambahkan hasil panen ikan.

Selain itu, fokus pengabdian kepada masyarakat, pada pengelolaan tambak, produksi ikan mentah, dengan nilai jual yang lebih tinggi dan berkualitas, dan pada gilirannya masyarakat menikmati hasil kerjanya.

Pihak kata dia, juga akan melakukan pengobatan gratis, penghijauan dan memberi bantuan buku kepada sekolah di Desa Suai.

Terpisah Kepala Desa Suai, Vincentius Nahak Berek ketika dikonfirmasi menjelaskan, pihaknya siap menerima Mahasiswa perikanan yang datang untuk pendidikan pariwisata maupun kegiatan pengabdian pada masyarakat.

Di Desa Suai katanya disamping ada SMK Perikanan, juga merupakan salah penghasil ikan tambak di malaka.

Untuk fasilitasi penginapan mahasiswa selama kegiatan bilangnya, pihaknya bekerjasama dengan Kepala Sekolah SDI Tolaran untuk mengunakan sekolah beberapa ruangan, serta kantor desa dan rumah warga.

Vincentius berharap dengan adanya kegiatan ini, ada kerja sama yang baik mahasiswa dengan aparat desa dan masyarakat, sehingga bisa memberi inspirasi baru kepada para pelaku usaha tambak.

Silvester Nahak salah atu mahasiswa perikanan semester tujuh menjelaskan, semoga dengan adanya kegiatan mahasiswa perikanan ini, bisa memberi manfaat kepada masyarakat Desa Suai.

“Masyarakat Desa Suai bagian besar memiliki tambak, sehingga bisa dikembangkan lebih maksimal dari sebelumnya,” pungkasnya. (pisto)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top