HEADLINE

Peduli Disabilitas,  HI dan Bengkel APPeK Bentuk Forum

Pelatihan dari HI dan Bengkel APPek.

OELAMASI, Kilastimor.com-NGO Handicap International (HI) dan Bengkel APPeK, melalui program Advokasi untuk perubahan, terus melakukan berbagai konsolidasi dan upaya membangun kerjasama dengan berbagai unsur, mulai dari tingkat desa hingga kabupaten. Tujuannya adalah untuk mengadvokasi pemenuhan hak dan keterlibatan penyandang disabilitas dalam pembangunan. Untuk tingkat desa sendiri, sejak tahun 2016, kedua lembaga tersebut telah membentuk forum.

Seperti yang dilakukan pada Jumat (17/11) lalu. Melalui kegiatan yang bertajuk, pembentukan Working Group Tingkat Kabupaten Kupang, HI dan Bengkel APPeK, membentuk sebuah forum yang dinamakan Forum Peduli Kelompok Rentan (FORPED KEREN). Pembentukan Forped Keren, digelar di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD).

Umparu Rangga Landuawang, Koordinator Program Advokasi Untuk Perubahan, mengawali kegiatan ini mengatakan bahwa,  Forum tersebut merupakan forum bersama yang akan mengkonsultasikan  berbagai upaya pemenuhan hak dan pelibatan penyandang disabilitas dan kelompok rentan dalam pembangunan.

Selain itu,  menurutnya, karena dalam forum tersebut melibatkan media seperti kilastimor.com dan obornusantara, serta media yang lain, sehingga forum tersebut juga bertujuan utk penyebarluasan informasi.

Ditambahkan, selama ini upaya pemenuhan hak penyandang disabilitas dan kelompok rentan, Leading sectornya adalah dinas sosial. Tetapi, untuk kali ini, menjadi gerakan bersama,  terutama untuk melibatkan hak penyandang disabilitas dan kelompok rentan dalam pembangunan di tingkat desa, sehingga Leading sectornya adalah DPMD.

“Dalam melibatkan hak penyandang disabilitas dan kelompok rentan dalam pembangunan, Desa memiliki peranan yang sangat besar,  sehingga perlu ada kerjasama. Karena berkaitan dengan desa, maka DPMD sendiri yang menjadi leading sector,” jelas Umparu.  

Hal serupa juga, Deputi Project Manager HI NTT, Yoris bella. Pada kesempatan ini dirinya mengatakan, pembentukan Forped Keren bertujuan untuk mempertemukan dan menyatukan pemahaman tentang pemenuhan hak penyandang disabilitas dan kelompok rentan.

HI bekerjasama dengan Bengkel APPeK, Kepala Desa dan Forum di tingkat desa berupaya melibatkan penyandang Disabilitas dan Kelompok Rentan dalam proses pembangunan inklusi. Untuk itu, melalui Forped Keren, upaya tersebut didorong ke level pemerintah Kabupaten. Selain itu, hal tersebut merupakan upaya untuk  bisa diadopsi di desa-desa yang lain.

Hadir pada kesempatan ini, perwakilan dari SKPD seperti DPMD, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja, Kepala Desa Noelbaki, Kepala Desa Mata Air, Perwakilan Desa Oelatimo, dan perwakilan dari Forum Peduli Kasih, dan Forum Nekaf. (qrs)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top