HEADLINE

BPPD Kabupaten Kupang Komitmen Siaga Bencana 24 Jam

Charles Panie

KUPANG, Kilastimor.com-Mengantisipasi berbagai kemungkinan bencana yang muncul di wilayah Kabupaten Kupang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kupang berkomitmen untuk siaga 24 jam. Hal ini disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kupang, Charles Panie, di ruang kerjanya, Kamis (28/12).

Dirinya mengatakan, memasuki musim hujan, pihaknya melakukan berbagai upaya antisipasi dini dan siaga 24 jam. Untuk antisipasi dini, BPBD Kabupaten Kupang telah bersurat ke semua kecamatan di Kabupaten Kupang untuk selalu waspada terhadap berbagai bencana yang muncul. Surat tersebut merupakan bagian dari sosialisasi BPBD, yang diharapkan bisa dilanjutkan pihak kecamatan ke desa-desa.

Dalam surat tersebut dihimbau, agar masyarakat yang berada di bantaran-bantaran kali agar tetap siaga, karena sewaktu-waktu terjadi longsor dan banjir. Selain itu dihimbau juga agar masyarakat yang berada di sekitar pohon-pohon besar yang berpotensi tumbang pada saat hujan dan angin kencang, agar tetap siaga.

Selain itu, dihimbau juga agar pemerintah kecamatan dan desa, secepatnya melakukan koordinasi ke BPBD, jika terjadi musibah akibat longsor, banjir, angin kencang dan lain sebagainya. Antisipasi lain yang dilakukan BPBD, menurutnya, pihaknya sudah memasang papan di daerah-daerah rawan bencana di Kabupaten Kupang.

“Upaya-upaya dari kami, sudah dilakukan sejak jelang musim hujan dan awal musim panas. Kami sudah lakukan soialisasi, dan dalam sosialisasi-sosialisasi tersebut, kami menghimbau warga, pada saat awal hujan agar memanfaatkan hujan untuk pendapatan ekonomi. Sedangkan musim panas kami juga himbau agar menanam tanaman-tanaman yang cocok pada musim panas,” jelasnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, kewaspadaan terkait kebencanaan, BPBD berpedoman pada laporan BMKG. Sedangkan untuk teknis, apabila terjadi bencana, BPBD akan berkoordinasi dengan dinas Sosial dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kupang. Menurutnya, kedua dinas ini lebih banyak mengurus logistik apabila terjadi bencana.

Untuk diketahui, BPBD saat ini sedang membuka loket pengaduan kebencanaan. Sedangkan untuk siaga 24 jam sendiri, BPBD sudah menyiapkan posko siaga 24 jam. (qrs)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top