HEADLINE

Mau Sejahtera? Keluarga Harus Direncanakan Sejak Awal

SOE, Kilastimor.com-Tujuan utama program Keluarga Berencana (KB) untuk kesejahteraan keluarga dan masyarakat pada umumnya. Atas dasar itulah masyarakat perlu mengetahui apa itu KB dan tujuannya.
Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Advokasi Penggerakan dan Penyuluhan, Dinas PPKB, Boy Tefa dalam kegiatan sosialisasi KKBPK, Kamis (30/11), bertempat di kantor Desa Nano Kecamatan Boking.

Lebih lanjut menurutnya, berbicara tentang kependudukan tentu ada berbagai macam persoalan, karena banyak tantangan seiring bertambahnya jumlah penduduk. Oleh sebab itu, kelahiran harus direncanakan supaya jangan terlalu muda melahirkan tapi juga jangan terlalu tua untuk melahirkan.

Program KB ujar dia, tidak dipaksakan tapi yang dimaksud adalah harus direncanakan.

Beberapa program yang dilakukan antara lain program alat kontrasepsi dan juga memfasilitasi ibu-ibu pasca melahirkan dan pasca keguguran secara gratis karna penggunaan alat kontrasepsi bisa menekan jumlah penduduk.

Selain itu, dibentuk juga tiga kelompok yaitu Bina keluarga balita yang mana bayi diperhatikan sejak kecil,
Bina keluarga remaja yang mana remaja perlu di bina dan di tuntun agar masuk pergaulan bebas dan kenakalan remaja, Bina keluarga lansia yang adalah harus diperhatikan agar tidak terlantar.

Dia melanjutkan, tahun ini juga dilakukan pencanangan Kampung KB di wilayah terpencil, kumuh dan miskin. Banyak sektor yang masuk, seperti pertanian dan peternakan serta dilakukan terpadu dan bersinergi.

Diharapkan lewat sosialisasi ini, masyarakat yang hadir bisa jadi corong bagi pasangan usia subur yang ada di tiga desa yang ikut dalam sosialisasi tersebut yaitu Desa Nano, Desa Sabun dan Desa Neonmeni yang jumlahnya kurang lebih 60 orang.

Pengamatan media ini, setelah kegiatan tersebut juga turut disosialisaikan dua Perda yaitu Perda No. 4 2017 tentang pemilihan desa dan Perda No. 5 tahun 2017 tentang pengangkatan dan pemberhatian perangkat desa yang disampaikan oleh anggota DPRD Kabupaten TTS Dapil Amanatun, Marthen Tualaka. (erik)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top