HEADLINE

PID untuk Meningkatkan Inovasi Kreatif. Wabup TTS: Maksimalkan SDM di Desa

Kegiatan PID di Soe.

SOE, Kilastimor.com-Program Inovasi Desa (PID) hadir untuk memperkuat desa dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan desa yang lebih tepat sasaran, melalui pengelolaan pengetahuan cerdas dan kegiatan inovatif kreatif yang dimiliki oleh desa.

PID juga hadir untuk memperkuat peran pendamping dengan banyak referensi dalam proses pendampingan P3MD di desa.
Atas dasar itulah maka dilakukan kegiatan Bursa Inovasi Desa yang merupakan pameran kegiatan yang dinilai inovatif terutama terkait pembangunan desa yang dibiayai oleh dana desa.sehingga lewat bursa inovasi desa ini diharapkan dapat menjadi jembatan bagi kebutuhan dan solusi dalam membangun desa.

Hal ini tertuang dalam laporan panitia kegiatan bursa inovasi desa tingkat kabupaten TTS tahun 2017 yang ditandatangani oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat pada Dinas PMD TTS, Jan Mella.
Kegiatan bursa inovasi desa bertempat di Aula dan pelataran Hotel Timor Megah Kamis (21-12-2017).

Kegiatan dengan tema “Datang,Komit, Tiru dan Maju” ini dihadiri oleh para camat se-TTS, para kepala desa,BPD, tokoh masyarakat pencetus inovasi baru,TPID dan undangan lainnya.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah mendiseminasikan informasi pokok terkait PID secara umum,memperkenalkan inovasi masyarakat yang berkembang di desa dalam melaksanakan kegiatan pembangunan, membangun komitmen replikasi,menjaring inovasi,membagi informasi penyedia jasa layanan teknis.

Sementara Wakil Bupati TTS Obed Naitboho dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan tersebut mengatakan, kiranya semua pihak saling bertukar pikiran, sehingga apa yang diperoleh bisa diterapkan dalam pembangunan desa dan kepala desa harus bisa mengurus rumah tangganya sendiri, lewat dana desa untuk memajukan dan menyejahterakan masyarakat didesa itu sendiri serta segala potensi dan SDM yang ada di desa harus dimaksimalkan.

Dalam kegiatan tersebut ada dua bursa yang disediakan yaitu bursa A yang berkaitan dengan SDM dan bursa B yaitu Infrastruktur serta kewirausahaan sehingga para kepala desa diminta untuk memilih salah satu bursa yang akan di eksekusi tahun 2018 nanti. (erik)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top