HEADLINE

PSHT dan IKA Bersatu Jaga Keamana Selama Natal dan Tahun Baru

Kapolres memberi keterangan pers.

ATAMBUA, Kilastimor.com-Perguruan Silat Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) dan Ikatan Keluarga Putra Indonesia Kera Sakti (IKS) bersatu menjaga keamanan selama perayaan natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di Kabupaten Belu dan Malaka.
Hal ini diungkapkan oleh Kapolres Belu AKPB Yandri Irsan saat melakukan Konferensi Pers di Ruang Pelayanan Polres Belu, Sabtu (23/12/2017).

Pernyataan ini mengubah opini dan paradigma masyarakat yang menganggap bahwa dua oraganisasi perguruan ini adalah musuh bebuyutan. Pasalnya, selama ini banyak sekali terjadi perkelahian yang melibatkan oknum dari dua perguruan tersebut.

Didampingi Wakapolres Kompol I Ketut Perten, Yandri Irsan mengatakan pelibatan PSHT dan Kera Sakti merupakan bagian dari upaya Kasat Intelijen Keamanan Polres Belu, AKP Didid yang selama ini membangun komunikasi dalam rangka pembinaan terhadap dua organisasi yang selama ini mendapat penilaian miring dari masyarakat.

Menurut Yandri, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan dua perguruan tersebut. Hasil koordinasi tersebut, mereka sepakat untuk sama-sama bergandengan menjaga keamanan selama perayaan natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

“Ini bagian dari upaya kita membina organisasi masyarakat yang sah agar turut bertanggungjawab menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama hari raya Natal dan Tahun baru,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa semua personil pengamanan akan menjaga suasana selama hari raya Nataldan Tahun Baru.

“Ada 85 gereja yang akan diamankan selama Natal dan Tahun baru yakni 42 gereja di Belu dan 43 gereja di Malaka,” kata Yandri Irsan saat menggelar jumpa pers akhir tahun, Sabtu (23/12/2017).

Menurutnya, dua perguruan silat ini adalah organisasi yang sah dan memiliki badan hukum sehingga menjadi kewajiban pemerintah termasuk kepolisian untuk membina organisasi tersebut.

Bagi Yandri, tuntutan untuk membubarkan organisasi tersebut bukan solusi tepat. Gesekan yang terjadi adalah ulah oknum, bukan organisasinya. Karena itu perlu dibina. (richi anyan)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top