HEADLINE

PSSI Gelar Festival Olahraga Pelajar Perbatasan di Belu

Bupati Belu, Fary Francis, pihak Kemenpora dan Menteri Pemuda Olahraga Timor Leste melakukan tendangan bola pertama dalam Festival Olahraga Perbatasan.

ATAMBUA, Kilastimor.com-Kepala Divisi Port Intelegen PSSI, Fary Francis menggelar Festival Olahraga Pelajar Perbatasan di Lapangan SSB Bintang Timur Atambua, Kabupaten Belu, Perbatasan RI-RDTL.

Festival Olahraga Perbatasan yang digelar dari 15-16 Desember 2017 tersebut bertujuan untuk mencari bibit-bibit muda guna memajukan persepakbolaan Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, Fary Francis yang juga ketua Komisi V DPR RI mendatangkan Timnas Indonesia U-16 dan Timnas U-16 Timor Leste untuk melakukan pertandingan persahabatan melawan U-16 SSB Bintang Timur.

Pada acara pembukaan Festival Olahraga Pelajar Perbatasan tersebut Farry Francis mengatakan even pertandingan persahabatan yang diselenggarakan di perbatasan merupakan upaya untuk membina bakat pesepak bola muda di Belu untuk bisa tampil di timnas Indonesia.

“Saat ini sudah ada satu pemain timnas umur 16 dari Belu. Kita berharap nanti ada pemain yang bisa tampil di timnas,”ujar pendiri SSB Bintang Timur Tersebut.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Festival Olahraga ini juga merupakan salah satu cara membantu kemenlu dalam menjalin persaudaraan antar negara.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, yang diwakili Deputi Bidang Pemudayaan Olahraga, Raden Risnanta.

Dia sangat mengapresiasi even international friendly match yang diselanggarakan di Atambua. Menurut Risnanta, sepak bola perbatasan tidak hanya sekedar olahraga, tapi merupakan media untuk menjalin persahabatan antara Indonesia dan Timor Leste.

Pada kesempatan itu, Risnanta juga mengungkapkan kekagumannya dengan kondisi lapangan SSB Bintang Timur. Menurutnya, lapangan SSB merupakan satu-satunya lapangan sekolah bola di Indonesia yang sudah berstandar Internasional.

“Saya baru menyaksikan secara langsung lapangan SSB Bintang Timur. Saya pernah lihat di youtube, tapi hari ini saya saksikan secara langsung. Ternyata lapangan ini memiliki rumput yang kualitas yang sangat bagus. Ini bukti kerja Pak Fary yang luar biasa” puji Risnanta.

Sementara, Menteri Pemuda dan Olahraga Timor Leste sekaligus menjabat sebagai Ketua Federasi sepak bola Timor Leste, Osorio Florindo sangat berterima kasih kepada pemerintah Indonesia yang telah menyelenggarakan event sepak bola cross-border dengan mengundang timnas Timor Leste.

“Saya atas nama pemerintah Timor Leste mengucapkan limpah terima kasih kepada pemerintah Indonesia karena sudah mengundang kami untuk bertanding di Indonesia,” ucapnya.

Menurutnya, dengan mengikuti event ini memberikan tugas baru bagi pemerintah Timor Leste untuk bisa mengadakan kegiatan serupa di sana.

“Kegiatan ini menambah lagi tugas kami untuk mengadakan event serupa di Timor Leste dengan mengundang Timnas Indonesia dan Tim SSB Bintang Timur bisa bertanding disana,” janji Florido.

Bupati Belu Willybrodus Lay yang didaulat untuk membuka pertandingan, mengatakan pihak pemerintah daerah sangat mengapresiasi upaya pembinaan sepak bola di daerah perbatasan. Lay mengatakan, event yang langkah ini sangat baik dan berharga bagi pembinaan sepak bola di perbatasan.

Lay berharap agar ke depan, PSSI bisa membuat event serupa dengan melibatkan juga Australia sebagai negara tetangga. (Richi Anyan)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top