HEADLINE

Bappeda dan Plan Internasional Bahas Project Winner di Malaka

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Bappeda melakukan rapat pembenahan rencana program Projek Winner (Women and Disability Inclusive Wash and Nutrition) Plan Internasional, tahun 2018, di Rumah Makan Bundo, Selasa (9/1/2018).

Koordinator Plan Internasional NTT, Robertus Rio Putra rapat bersama Pemda Malaka dalam hal ini Bappeda, membahas terkait kerja sama pembenahan rencana program Project Winner yang akan dilakukan di Malaka.

Rio menuturkan, kedatangan pihaknya di Malaka untuk memperkenalkan project winner, salah satu project yang bertujuan untuk menurunkan angka stanting atau angka anak-anak yang kurang gizi. Project ini dilakukan bersama pemerintah daerah Malaka, melalui pokja air minum dan kesehatan lingkungan hidup di Kabupaten Malaka.

“Kita akan kolaborasi bersama melakukan kegiatan-kegiatan seperti sanitasi berbasis masyarakat dan juga kegiatan-kegiatan bina keluarga balita yang tujuanya adalah untuk membina keluarga-keluarga untuk mengadopsi pola hidup sehat bagi orang tua dan anak-anak, supaya bisa mengatasi anak yang kurang gizi,” urainya.

Selain itu, kegiatan ini untuk mendapatkan persetujuan dari pemerintah Kabupaten Malaka dengan ditandai dengan surat kepeminatan yang ditandatangani oleh Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Malaka.

Jika pemerintah Malaka menyetujui atau berminat, maka ini menjadi komitmen awal untuk berbagai kegiatan kedepan yang diatur didalam MOU antara kedua belah pihak.

“Jika ini jadi, kita mulai melakukan kegiatan selama lima tahun kedepan. Kita rencananya akan melakukan di enam kecamatan sebagai pilot project dan enam kecamatan lainnya. Setelah itu kita akan serahkan ke pemerintah untuk melakukan pendanaan APBD II yang kita namakan dengan wilayah replikasi,” jelasnya

Sementara itu, Sekretaris Bappeda, Rofinus Seran Bria mengungkapkan respon pemerintah terhadap rencana program projeck Winner oleh Plan sangat baik. “Respon pemerintah sangat baik, dan setuju. Semua hadir disini dan merespon sangat baik,” bilangnya.

Dirinya mengatakan, dari apa yang di persentase Plan, ternyata bersingungan dengan apa yang dilakukan oleh pemerintah daerah, seperti Pendidikan, Kesehatan dan infrastruktur. (pisto)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top