HEADLINE

Delapan Gubernur Desak DPR RI Segera Tuntaskan RUU Daerah Kepulauan

Para Gubernur daerah kepulauan tandatangani Deklarasi Batam.

BATAM, Kilastimor.com-Pemerintah Provinsi Kepulauan termasuk NTT menggelar konferensi Pemprov Kepulauan di Batam, Senin (29/1).

Berdasarkan press release yang diterima dari Karo Pemerintahan Setda Provinsi NTT, Viktor Manek menyebutkan, peserta konfrensi meliputi gubernur, ketua DPRD dan tim teknis dari 8 daerah provinsi dan 80 kab/kota dr daerah provinsi kepulauan, Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, DPD RI, sekjen Kemendagri, Menpan RB, Wakil Menkeu.

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun mengemukakan, kehadiran kepala daerah disini untuk menunjukkan dukungan terhadap pembahasan RUU Daerah Provinsi Kepulauan oleh DPR RI.

Pemprov dan Pemda di provinsi kepulauan sangat mendukung pembahasan UU tersebut oleh DPR.
Dia berharap pemhabasan segera dituntaskan, agar provinsi kepulauan mendapat perlakuan dan perhatian berbeda dengan daerah lain, terutama intervensi anggaran baik DAU dan DAK maupun alokasi khusus lainnya.

Sementara itu, Hadi Prabowo, Plt sekjen Kemendagri juga mendukung upaya ini. Kemendagri dan DPR terus melakukan pembahasan UU dimaksud. Besar harapan segera dituntaskan, karena tidak ada persoalan mendasar yang menghambat pembuatan UU itu.

Pada kesempatan itu dia meminta agar Pemprov fokus pada yang meliputi lima poin penting: 1) Fokus kebijakan berorientasi kelautan dan kepulauan. 2) pemerataan pembangunan, 3 ) pembangunan terpadu berdasarkan keunggulan lokal dan potensi lokal, 4) dekatkan rentang kendali melalui infrastruktur dan 5) tingkatkan intensitas layanan laut antar pulau.

Pada kesempatan itu dilakukan Dekorasi Batam diantaranya 1. Menegaskan sikap perjuangan provinsi kepulauan yang
untuk tetap tegaknya NKRI berdasarkan Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika. 2. Sepakat mendukung percepatan penetapan RUU Daerah Kepulauan menjadi UU Tentang Daerah Kepulauan sesuai Prolegmas. 3. Atas dasar kepastian hukum, sebelum penetapan RUU tersebut menjadi UU, mendesak Pemerintah segera memastikan delapan daerah kepulauan itu masuk dalam RUU.

Untuk diketahui terdapat delapan Gubenur yang menghadiri Konferensi Pemprov Daerah Kepulauan. Mereka diantaranya, Gubernur Kepri, Gubernur NTT diwakili Sekda, Ben Polomaing, Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman, Gubernur NTB, TGH M. Zainul Majdi, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua, Wagub Maluku Utara, Muhammad Natsir Thaib, Plt Gubernur Sulawesi Tenggara, H.M. Saleh Lasata. (*/fed)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top