HEADLINE

KKB Kupang Gelar Natal dan Tahun Baru Bersama

Jajaran KKB Pose Bersama.

KUPANG, Kilastimor.com-Kerukunan Keluarga Bunaq (KKB) Kupang sebagai suatu pagayuban orang Bunaq tentu tidak akan melewati moment Natal dan Tahun Baru begitu saja dan di tahun ini. Pagayuban kembali menggelar acara Natal dan Tahun baru bersama di Bapelkes Kupang, Sabtu (6/1/2018).

Kegiatan ini diawali dengan perayaan ekaristi inkulturasi budaya Bunaq yang dipimpin oleh P. Antimus Mali, CMF dengan diiringi lagu lagu bunaq dan tarian likurai anak-anak dari anggota pagayuban KKB Kupang.

Perayaan Ekaristi sebagai bagian dari acara ini terlaksana dibawah satu tema besar “Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah dalam hatimu” dengan sub tema yang diangkat dari bahasa Bunaq ” En Bunaq Soron Gene Ton Dinil Tolo”.

P. Antimus Mali, CMF dalam Homilimya mengungkapkan, merayakan Natal dan tahun baru bersama sejatinya merayakan kelahiran Kristus dan kelahiran kembali iman kuta. kita semua yabg ada, seluruh anggota pagayuban dipersatukan oleh Kristus yang telah lahir, dan kita diundang untuk selalu berpengharapan dalam kasih Tuhan, selalu bersatu, mari kita merayakan kelahiranNya dalam kehidupan kita setiap hari karena sejatinya Natal adalah diri kita sendiri, Ia lahir di Betlehem, Ia lahir dalam diri kita, dalam keluarga kita dan dalam pagayuban ini.

Pantuan media perayan ekaristi inkulturasi berlangsung dengan penuh kesederhanaan dan kekeluargaan dalam nuansa budaya Bunaq di mana hampir sebagian lagu dinyanyikan dalam bahasa Bunaq dan doa doa dalam Bahasa Bunaq termasuk Doa Umat.

Adapun mereka yang diberi kesempatan membakar lilin adalah Ketua Pagayuban KKB Yosef Mali Dasi, Sesepuh KKB Yos Laku Mali, Keluarga Bunaq Bobobaro, Antonio, Ama Nai Nualain, perwakilan ibu-ibu, Kepala Bapelkes Kupang, dan Ketua Umum Fosmab, Dionisius Kali.

Disaksikan media ini, setelah perayaan Ekaristi Inkulturasi ini berakhir semua peserta dikagetkan dengan tarian likurai oleh putra-putri generasi muda Bunaq Kupang yang menikam semangat orang orang tua Anggota KKB Kupang untuk “Bidu” bersama sesuai irama dan bunyi Likurai.
Pada acara selanjutnya diawali dengan laporan Ketua Panitia penyelenggara Natal dan tahun baru bersama KKB Kupang Ferderikus Eklopas Loudoe.

Dalam laporannya Erik Sapaan akrab Ketua Panitia menginformasikan anggota KKB Kupang terdiri dari 35 lebih Kepala Keluarga dan yang hadir pada malam ini hanya sebagian mungkin karena cuaca.

Dalam laporanya Erik atas nama seluruh anggota KKB Kupang mengucapkan terima kasih kepada P. Antimus Mali, CMF, Pihak Bapelkes Kupang yang memberikan kesempatan menyelenggarakan acara di tempat ini, kepada semua tamu undangan yang hadir.

Laporan diakhiri dengan ucapan selamat Natal dan tahun baru kepada semua peserta yang ada.

Selanjutnya sambutan dari Sesepuh KKB Kupang Yos Laku Mali.
Dalam Petuahnya Yos memberi pesan dan nasehat kepada anak anaknya yang adalah anggota KKB Kupang. Adapun pesan pesan yang dirangkuj oleh media ini diantaranya adalah:
Pertama Kita orang Bunaq Kupang mempunyai ranting dan buah yang banyak yang berasal dari satu Pohon. Kedua, Sebagai satu kesatuan semestinya orang Bunaq Kupang “Die bata’ o hok tara. Tege dimil tege rezel tepel- tepel, jangan di depan lain di belakang lain.

Selanjutnya Bei Nai Yos sapaan kebesaran di kalangan anggota pagayuban KKB memberi pesan masih dalam bahasa Bunaq: dalam kebersamaan, kita diminta untuk “Dutul gatara, die Baba gatara malu ai gatara, hulo lep gatara.

Bei gini Bei, Tata gini Tata, Ka’a gini Ka’a, Kau’ gini kau’ . Hani
Dimil hini kes hani ni dawas hini kulut, hani sasi hosu, hoon hosu”.

Petuah berdurasi sekitar 5 menit ini diikuti dengan tenang dan terlihat hening oleh seluruh anggota pagayuban KKB Kupang juga tamu undangan yang ada.
Disaksikan oleh media ini, kegiatan Natal dan tahun baru bersama diakhiri dengan santap malam bersama dalam nuansa kekeluargaan dan bergembira bersama dalam iringan lagu tebe dan dansa yang dinyanyikan oleh penyanyi penyanyi putera Bunaq, Bung Sefa dan Mus siri Talo. (dinho mali)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top