HEADLINE

Lahan RPM di Naimana dan Wesei Sudah Ditanami Jagung

Ini lahan olahan RPM yang sudah ditanami jagung.

BETUN, Kilastimor.com–Demi memperoleh hasil pertanian yang maksimal, Kepala Desa Naimana, Kecamatan Malaka Tengah Dominikus Knaofmone selalu menyempatkan diri memantau pertumbuhan jagung milik masyarakat, khususnya di lahan yang mendapatkan bantuan program Revolusi Pertanian Malaka (RPM).

Dalam setiap peninjauan yang dilakukan, Dominikus selalu menghimbau masyarakat untuk membersihkan kebunnya dari rumput yang tumbuh diantara tanaman jagung.

“Saya bilang di masyarakat, harus tofa rumput biar jagung bisa tumbuh dengan subur. Kalau tidak saya pukul kamu (masyarakat) pakai duri. Itu saya saya lakukan hanya untuk memacu masyarakat agar benar-benar serius merawat tanaman jagung hingga hasilnya bisa maksimal,” jelas Dominikus saat dihubungi via telepon selular, Selasa (9/1/2018).

Dikemukakan, untuk musim tanam I, Desa Naimana mendapat bantuan olah lahan seluas 42 Ha.

Selain bantuan olah lahan, katanya, masyarakat juga diberikan bantuan bibit jagung. Seluruh lahan yang dibalik, lanjutnya sudah ditanami dengan jagung dan saat ini ada yang sudah berbunga.

“Saya ada di kebun masyarakat sekarang pak. Lagi lihat jagung milik masyarakat yang sudah berbunga. Jagungnya tumbuh dengan subur walaupun tanpa pupuk. Saya juga meminta pemiliknya untuk tofa kebunnya agar jagungnya tumbuh dengan subur dan buahnya bisa besar-besar,” ungkapnya.

Terpisah kepala Desa Wesey, Darius Bria mengatakan, lahan seluas 3 Ha yang olah melalui program RPM sudah ditanami seluruhnya dengan bibit jagung bantuan program RPM.

Ia mengaku, letak desa Wesey yang berada di daerah kemiringan dengan tanah yang berbatu membuat kuota balik lahan desanya memang kecil. Namun hal tersebut tidak menghalangi semangat warga untuk bercocok tanam.

Saat ini, selain lahan yang dibalik melalui program RPM, lahan perkebunan milik masyarakat yang tidak dibalik pun sudah ditanami dengan tanaman jagung. Ia mengaku, tanaman jagung di desanya tumbuh dengan baik. Ia juga selalu memberikan himbauan kepada masyarakat untuk membersihkan kebun dari rerumputan agar tanaman jagung tumbuh dengan subur.

“Saya selalu menyempatkan diri untuk memantau pertumbuhan jagung ke kebun-kebun milik masyarakat. Sejauh ini, saya lihat tanaman jagungnya tumbuh dengan subur. Untuk pupuk baru tiba kemarin jadi belum sempat kita bagikan. Dalam waktu satu dua hari ke depan pupuk akan kita bagikan kepada masyarakat sehingga bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman jagung,” pungkasnya. (pisto)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top