HEADLINE

Masyarakat Bokonusan Tagih Janji Wabup Kupang

Agusbert B. Ngefak

OELAMASI, Kilastimor.com-Masyarakat Desa Bokonusan Kecamatan Semau melalui Kepala Desa, menagih janji Wakil Bupati (Wabup) Kupang, Korinus Masneno, terkait pembangunan teras Puskesmas Terpadu (Pustu) desa Bokonusan.

Kepala Desa Bokonusan, Agusbert B. Ngefak menyampaikan hal tersebut kepada kilastimor, di Pulau Semau pada Selasa (2/1).
Menurutnya, walaupun dirinya dan masyarakat belum menyampaikan secara langsung, tetapi dirinya berharap Wabup masih bisa mengingat janjinya terkait pembangunan teras Pustu tersebut. Mengingat hal ini sangat dibutuhkan masyarakat ketika hendak mendapatkan pelayanan kesehatan.

Dirinya mengisahkan, janji Wabup tersebut disampaikan ketika melaunching pasar desa Otan Kecamatan Semau, beberapa waktu yang lalu.

Dimana pada saat itu, dirinya sebagai Kepala Desa menyampaikan pengeluhan terkait Pustu Desa Bokonusan yang sempit, sehingga warga berdesak-desakan pada saat mendapat pelayanan.

Menurutnya, pada saat itu Wabup menjawab dengan menjelaskan bahwa, pada saat itu pembahasan anggaran sudah selesai. Sehingga untuk memasukannya dalam penganggaran 2017, sudah tidak mungkin. Pada saat itu Wabup menawarkan memberikan sumbangan pribadi untuk membangun teras Pustu tersebut. Hingga saat ini, janji Wabup tersebut belum kunjung terealisasi.

Ketika ditanya terkait ukuran teras dan biaya yang dibutuhkan, dirinya menjelaskan, sesuai ukuran pustu sendiri, teras yang akan dibangun berukuran 10 x 4 meter. Dari ukuran tersebut menurutnya, teras yang akan dibangun membutuhkan kurang lebih 40 lembar seng, 30 sak semen, dan 3 kg paku. Sedangkan pasir, batu, kayu dan tenaga, adalah swadaya pemerintah dan masyarakat desa Bokonusan.

Dengan demikian, dijelaskan bahwa, sesuai dengan janji Wabup dan apabila ditepati, maka dapat memberikan kontribusi bahan atau material yang tidak bisa ditanggung oleh pemerintah desa dan masyarakat.

Menanggapi janji wabup Kupang tersebut, Camat Semau, Jhoni Ukat mengaku, bahwa benar Wabup pernah berjanji untuk berkontribusi membangun teras Pustu Desa Bokonusan. Tetapi dirinya sangat mengharapkan kontribusi penuh pemerintah desa dan masyarakat.

Sejauh ini, disinya sendiri sudah melakukan diskusi dengan pemerintah desa dan masyarkat untuk menyikapi persoalan pembangunan teras pustu tersebut. Dirinya berharap agar pemerintah dan masyarakat berperan aktif agar pembangunan teras pustu tersebut bisa berjalan, tanpa harus menunggu kontribusi dari pihak manapun. Diyakini, ketika pustu tersebut secara swadaya dibangun, maka akan dengan sendirinya kontribusi itu datang.

“Artinya, pembangunan teras pustu tersebut adalah murni tanggungjawab pemerintah desa dan masyarkat. Sehingga, saya berharap pustu tersebut segera dibangun dulu. Karena bagaimana pihak yang lain, seperti bapak Wabup berkontribusi, kalau belum ada upaya pemerintah desa dan masyarakat,” ungkap Jhoni.

Dirinya berharap teras tersebut segera dibangun, agar pelayanan di pustu tersebut berjalan lancar. (qrs)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top