EKONOMI

Ose Luan Launching Rastra Gratis Total bagi Masyarakat Belu

Wabup Belu luncurkan Rastra Gratis Total.

ATAMBUA, Kilastimor.com-Wakil Bupati Belu, J.T. Ose Luan melaunching Beras Sejahtera (Rastra) gratis bagi masyarakat Belu yang berada di 81 desa/kelurahan di Halaman Kantor Bupati Belu, Kamis (25/01/2018).

Penyaluran Rastra yang diberikan kepada masyarakat ekonomi lemah di 12 kecamatan tersebut, dihadiri oleh Sekda Belu, Petrus Bere dan Kepala Bulog Sub Divre Atambua, Simon Melki Lakapu. Selain itu, acara ini dihadiri pula oleh para pejabat OPD terkait serta warga utusan penerima Rastra dari tiga kecamatan yang ada di wilayah Kota Atambua.

Rastra gratis total merupakan bantuan langsung dimasa pemerintahan Jokowi yang dilaunching kepada masyarakat di Kota Atambua berjumlah 20.550 kg.

Penyaluran perdana Rastra yang besarannya 10 kg per-bulan untuk setiap KPM dilakukan Wabup Belu hanya untuk bulan Januari. Jadwal pembagian bulan berikutnya akan diatur oleh sub Divre Bulog Atambua.

“Saya namakan Rastra gratis murni karena semua biaya ditanggung oleh pemerintah pusat. Jadi, tidak ada biaya tebus lagi dari APBD II Belu seperti kali lalu. Ini bantuan murni pak presiden Jokowi kepada masyarakat kurang mampu yang ada di seluruh wilayah Indonesia, maka kita semua perlu menyampaikan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada pak Jokowi atas perhatiannya,” jelas Wabup Belu J.T.Ose Luan.

Dijelaskan bantuan Rastra yang disalurkan perdana khusus kepada rumah tangga sasaran yang ada di tiga kecamatan dalam kota Atambua yaitu Atambua Kota, Atambua Selatan, dan Atambua Barat. Penyaluran berikutnya kepada masyarakat 9 kecamatan lainnya akan diatur jadwalnya.
“Ini hak semua rumah tangga yang nama terekap sebagai penerima Rastra. Jadi yang belum terima tidak usa risau karena pasti semu akan kebagian haknya tinggal menunggu waktu terima saja,” ujar mantan Sekda Belu, J.T.Ose Luan.

Ose Luan menuturkan bahwa perhatian pemerintah pusat kepada masyarakat ekonomi lemah di seluruh wilayah Indonesia sudah berlangsung sejak lama.

Tujuannya untuk mendorong masyarakat guna mewujudkan taraf hidup yang lebih sejahtera sesuai cita-cita perjuangan pemerintah.

“Dulu… ada bantuan pemerintah yang namanya IDT berupa ternak seperti sapi, babi dan lain sebagainya, sekarang namanya Rastra. Ini semua punya tujuan satu yaitu mendorong masyarakat yang kurang mampu untuk cepat hidup lebih baik sama seperti sesama masyarakat Indonesia lainnya. Saya harap masyarakat tidak melihat banyak atau sedikitnya jumlah bantuan karena langkah yang pemerintah untuk mendorong semangat masyarakat untuk terus berusaha memperbaiki taraf hidup kesejahteraannya,” tuturnya.

Sementara itu Kepala sub Divre Bulog Atambua Simon Melky Lakapu menjelaskan bantuan Rastra tahun anggaran 2018 yang dilounching Wakil Bupati Belu kemarin pagi berjumlah 20550 kg. Bantuan Rastra kemarin jelas Lakapu hanya untuk bulan Januari bagi rumah tangga sasaran yang ada di wilayah kota Atambua.

“Hari ini kita salurkan ke rumah tangga penerima yang ada di kecamatan Atambua kota, Atambua Barat dan Atambua Selatan, setelah ini disusul lagi dengan penyaluran bagi penerima yang ada di kecamatan lainnya,”jelas Simon Melky Lakapu.

Lebih lanjut dikatakan bahwa bantuan Rastra yang disalurkan tahun 2018 jumlahnya berkurang dari tahun-tahun sebelumnya sesuai keputusan pemerintah pusat.

“Tahun-tahun sebelumnya jumlah Raskin yang diterima setiap rumah tangga penerima sebanyak 15 kg dan perlu biaya tebus. Tahun ini, memang jumlahnya sedikit berkurang menjadi 10 kg setiap rumah tangga sasaran tapi tidak ada biaya tebus lagi sesuai aturan pemerintah. Jadi masyarakat langsung dapat bantuan Rastranya,”terang Melky Lakapu. (richi anyan).

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top