EKONOMI

Petani Malaka Keluhkan Pembukaan Intake Irigasi Benenain. PU NTT: POB Harus Siaga di Rumah Pengamatan

Bedi Taek di sawah miliknya.

BETUN, Kilastimor.com-Petani Malaka mengeluhkan kurang lancarnya pembagian air Irigasi Benenain.
Sejumlah informasi yang dihimpun, hal itu terjadi karena kurang aktifnya petugas intake dalam memantau kondisi air di Bendungan Benenain. Akibatnya, pembagian air tidak ke semua lahan pertanian.

Salah seorang petani Bedi Taek dari Dusun Bakateu, Desa Wehali Kecamatan Malaka Tengah ketika di jumpai di Sawahnya, Senin (8/1/2018) mengatakan, pihaknya kesulitan air untuk mengairi sawah. Hal ini karena petugas intake tidak membuka secara rutin.

Bedi Taek nelanjutkan didalam membuka intake memang ada syarat-syarat tertentun diantaranya sungai harus tidak dalam kondisi banjir dan air tidak dalam kondisi keruh pekat.

Namun lanjutnya, pada kondisi air dalam keadaan normal pun terkadang petugas tidak membuka intake sehingga irigasi pun tidak mengalir.

Bedi berharap agar para pimpinan terkait irigasi Kabupaten maupun Provinsi dapat memperhatikannya. Petugas harus yang memiliki rasa tanggung jawab tinggi, agar petani tidak merugi.

Dikatakan, masyarakat mendukung program unggulan Pemerintah Kabupaten Malaka yaitu RPM dan program pemerintah pusat UPSUS SWASEMBADA PANGAN NASIONAL agar berhasil.

Danramil 1605-04 Betun, Mayor Kavleri Yatman ketika dikonfirmasi membenarkan informasi dari petani tersebut bahwa air irigasi tidak lancar dengan penyebab faktor tersebut diatas.

Mayor Kavleri Yatman menyatakan dirinya sudah menginformasikan ke TPOP PU Provinsi NTT. Menurut TPOP, jika air sungai dalam keadaan baik maka intake irigasi harus dibuka demi mengairi sawah para petani.

TPOP PU Provinsi, Benyamin Nahak yang dikonfirmasi mengatakan bagi Petugas Pintu Air (PPA) dan Petugas Operasi Bendung (POB) Bendungan Benenain yang malas dan berkinerja kurang baik termasuk sering tidak berada dilokasi kerja, tidak akan diakomodir di Tahun 2018. Tahun 2018, khusus POB Bendungan Benenain wajib tinggal di rumah pengamatan Bendung Benenain sehingga bekerjanya lebih fokus dan efektif. (pisto)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top