HEADLINE

Wabup Belu Pimpin ASN dan Teko Bersihkan Pasar Baru Atambua

ATAMBUA, Kilastimor.com-Wakil Bupati Belu J.T. Ose Luan memimpin seluruh ASN dan teko untuk melakukan pembersihan Pasar Baru Atambua, Jumad (12/01/2018). Tujuannya agar memberikan kenyamanan bagi para para pengguna pasar.

ASN dan Teko yang membersihkan pasar fokus pada saluran-saluran yang mampet di seputaran pasar. Selain itu, mereka juga fokus membersihkan saluran yang berada di pasar ikan.

Tak tanggung-tanggung, beberapa tangki air pun didatangkan untuk membersihkan pasar ikan serta saluran yang mampet di Pasar Ikan dan sekitaran pasar.

Beberapa penjual ikan pun ikut membantu para ASN dan Teko yang membersihkan di Pasar Ikan.

Pantauan media ini, Saluaran kecil yang berada di pasar ikan mampet akibat limbah sisik ikan yang dibuang pada saluran dan tidak disiram dengan air. Limbah sisik ikan ini lama-kelamaan menumpuk dan menyumbat saluran kecil tersebut.

Limbah inilah yang membuat sisa pembuangan air untuk cuci ikan tergenang dan tak dapat mengalir. Akibatnya menimbulkan polusi udara di sekitaran Pasar Ikan.

Selain itu, alat pengolah limbah air yang berada di Pasar Ikan pun tak berfungsi dengan baik. Tidak berfungsinya alat ini dikarenakan adanya batu-batu besar yang dibuang ke dalam alat tersebut oleh tangan-tangan tak bertanggung jawab.

Akibat perbuatan para pelaku vandalis tersebut, beberapa orang ASN dan Teko secara bergantian harus berusaha mengeluarkan kembali batu-batu tersebut dari dalam alat pengolah limbah air dengan alat seadanya.

Selain di pasar ikan, para ASN dan Teko juga membersihkan saluran got yang berada di depan BRI Cabang Pasar Baru Atambua.

Pantauan media ini, Saluran got tersebut mampet akibat penumpukan sampah dan material pasir dan batu. Sampah dan materi an pasir serta batu tersumbat karena adanya pipa PDAM dan telekom di dalam saluran tersebut.

Bermodalkan sekop dan sisir sampah, akhirnya sampah-sampah dan material tersebut berhasil diangkat dari dalam got. Melalui kerja keras mereka, air pun dapat mengalir dengan baik.

Semoga dengan apa yang telah dilakukan oleh para ASN dan Teko ini dapat menggugah kesadaran pemerintah dan masayarakat setempat serta para penjual untuk selalu menjaga kebersihan pasar. (richi anyan)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top