HEADLINE

Inilah Rincian Empat Dapil dan Jumlah Pemilih Kabupaten Belu

Uji Publik KPU Belu.

ATAMBUA, Kilastimor.com-Sesuai dengan kesepakatan bersama, KPU Belu mengusulkan empat Daerah Pemilihan (Dapil) pada pemilihan Calon Legislatif (Caleg) Tahun 2019 nanti. Pengusulan empat Dapil ini dilakukan oada saat Rapat Koordinasi Uji Publik usulan Dalpil dan alokasi kursi DPRD Kabupaten Belu di Aula Hotel Matahari, Jumad (09/02/2018).

Untuk sekedar diketahui, sebelumnya Kabupaten Belu hanya memiliki tida Dapil dalam pemilihan legislatif. Akan tetapi, dilihat dari beberapa pertimbangan bersama, maka pihak KPU mengusulkan empat dapil di Kabipat n Belu kepada KPU Pusat.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh ketua KPU Kabupaten Belu Marthin Bara Lay, SH untuk memperkuat pertemuan sebelumnya untuk mengusulkan penataan Dapil menjadi 4 bagian ke KPU pusat.

Dijelaskan, mengenai alokasi kursi berdasarkan Bilangan Pembagi Penduduk Daerah (BPPD) dengan rincian jumlah Penduduk dibagi dengan alokasi kursi berdasarkan UU no. 07 Thn 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Saat ini jumlah kursi anggota DPRD Kabupaten Belu ada 30 kursi sesuai ketentuan yang berlaku,” paparnya.

Rakor ini bertujuan agar semua hal yg berkenaan tentang pengusulan berkaitan dengan daerah pemilihan saat ini dapat dirangkumkan dan apa yang jadi aspirasi dari peserta Partai politik yang hadir dapat dilengkapi secara formal dan akan di teruskan ke tingkat atas.

Berikut 4 Daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten Belu yang diusulkan ke KPU RI.

Dapil I memiliki 8 Kursi. Dapil ini melingkupi wilayah Kecamatan Kota Atambua dengan jumlah Penduduk sebanyak 30.352. Selain itu, pada Dapil I ini juga melingkupi wilayak Kecamatan Atambua Selatan dengan jumlah Penduduk sebanyak 29.476. Total pemilih pada Dapil I sebanyak 59.828 Penduduk.

Dapil II memiliki 7 kursi. Dapil II ini melingkupi wilayah Kecamatan Atambua Barat dengan jumlah penduduk sebanyak 27.251. Selain itu, Dapil II juga melingkupi wilayah Kecamatan Kakuluk Mesak dengan jumlah penduduk sebanyak 20.690. Total penduduk secara keseluruhan pada Dapil II sebanyak 47.941 orang.

Dapil III memiliki 9 kursi. Dapil ini melingkupi lima wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Raihat, Kecamatan Lamaknen, Kecamatan Lamaknen Selatan, Kecamatan Lasiolat, dan Kecamatan Tasifeto Timur. Kecamatan Raihat dengan jumlah penduduknya sebanyak 13.723 orang. Wilayah Kecamatan Lamaknen dengan jumlah penduduknya sebanyak 11.903 orang. Kecamatan Lamaknen Selatan dengan jumlah penduduknya sebanyak 8.762 orang. Kecamatan Lasiolat dengan jumlah penduduknya sebanyak 7.310 orang. Kecamatan Tasifeto Timur dengan jumlah penduduknya sebanyak 24.072 orang.
Total penduduk pada Dapil III sebanyak 65.770 orang.

Dapil IV memiliki 6 kursi. Dapil ini melingkupi tiga wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Raimanuk, Kecamatan Nanae Dubesi, dan Kecamatan Tasifeto Barat. Kecamatan Raimanuk dengan jumlah penduduk sebanyak 17.440 orang. Kecamatan Nanaet Dubesi dengan jumlah penduduk sebanyak 5.144 orang. Kecamatan Tasifeto Barat dengan jumlah penduduk sebanyak 24.576 orang. Jadi total jumlah penduduk pada Dapil IV sebanyak 47.160 Penduduk.

Berdasarkan Data Disduk Capil, jumlah penduduk pemilih di Kabupaten Belu adalah 220.699 dengan total kursi anggota DPRD Kabupaten Belu berjumlah 30 Kursi.

Turut hadir dalam Rakor Uji Publik ini Ketua Panwaslu Kabupaten Belu Andreas Pareira, S. Fil, Kaban Kesbang Pol Kabupaten Belu Dominikus Mali, Sekertaris Disduk Capil Sekertaris Aleksandrio Seuk, Kabag Tatapem Kababupaten Belu Leonardus M. Mou, 16 Ketua Parpol yg ada di kabupaten Belu dan tokoh masyarakat. (richi anyan)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top