EKONOMI

Kain Tenun NTT Punya Nilai Jual

Julie Laiskodat

BETUN, Kilastimor.com-Julie Laiskodat istri Bakal Calon Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, disela-sela kegiatan Rapat Koordinasi Khusus bersama seluruh pengurus partai Nasdem di Kabupaten Malaka, Senin (5/2/2018) mengatakan, selama ini pihaknya aktif mempromosikan kain Tenun NTT di dunia luar.

Dikatakan, kain tenun di NTT secara keseluruhan, motifnya sangat bagus dan indah, namun kualitasnya sedikit rendah karena kainnya luntur, tapi nilai jualnya tinggi.
Selama ini, lanjut Julie, dirinya aktif mempromosikan motif kain tenun NTT Go Internasional. Hal ini urgen dilakukan sehingga mampu menarik simpati wisatawan manca Negara untuk datang ke NTT. Selain itu, mereka bisa membeli motif kain tenun NTT, hal ini sangat membantu perekonomian masyarakat NTT.

“Kain tenun kita Motifnya sangat bagus tapi kualitasnya rendah karena benangnya luntur, hal ini disebabkan karena modal yang dimiliki oleh para penenun, Sehingga kita akan membantu kelompok-kelompok tenun untuk pengadaan benang yang berkualitas (tidak luntur) dengan fasilitas kerajinan yang memadai sehingga membantu ibu-ibu pada saat menenun,” terang dia.

Ibu tiga orang anak yang mengaku suka makan jagung bose ini melanjutkan, tahun 2017 yang lalu, pihaknya sudah membawa kain tenun dari tiga Kabupaten yakni Flores Timur, Sumba Dan Alor ke manca begara. Tahun ini, sekitar bulan April, dirinya akan membawa lagi kain Tenun dari dua Kabupaten di daratan Timor ke Prancis.

Ia berharap, Kelompok tenun yang sudah dibentuk, terus meningkatkan hasil karya tenun ikat dengan motif sesuai daerah masing-masing.

Terkait promosi, Julie menjelaskan, salah satu cara sederhana yang dilakukannya yakni, ketika dirinya diundang untuk mengikuti hajatan diluar negeri, dia selalu menggunakan kain tenun motif NTT. Selain itu, dirinya mempromosikan di media sosial seperti facebook, dan instagram. (adhi teiseran)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top