HEADLINE

Massa: Kembalikan Tanah Paroki Bolan

Massa demo di PN Atambua.

ATAMBUA, Kilastimor.com-Ratusan Umat Paroki Bolan mengadakan aksi di depan pengadilan Negeri Atambua, Selasa (06/02/2018).

Umat paroki itu menuntut agar dikembalikan tanah Paroki St. Fransisikus Xaverius Bolan. Aksi ini dilakukan saat Sidang Pledoi terkait sengketa tanah Paroki Bolan sedang berlangsung.

Pantauan media, aksi damai yang dilakukan oleh ratusan massa membuat orasi silih berganti. Mereka menuntut agar tanah Paroki Bolan yabg disengketakan agar diserahkan kepada pihak gereja.

“Kita akan tetap berdiri bersama untuk memperjuangkan tanah Paroki Bolan,” ujar salah satu pemimpin orator.

Selain berorasi, umat juga menyanyikan lagu-lagu gereja sembari bergoyang. Tak lupa mereka juga berdoa kepada para saksi dari pihak lawan agar dapat memberikan kesaksian yang benar.

Selain lagu-lagu-lagu rohani, mereka juga menyanyikan lagu wakil rakyat miliknya Iwan Fals. Mereka menyanyikan lagu tersebut dengan bersemangat di bawah terik matahari.

Rm. Yoris Giri usai sidang saksi pertama menyampaikan bahwa Sidang berlangsung dengan lancar. Karena itu, dia meminta kepada semua umat agar tetap dalam suasana tenang agar proses persidangan dapat berjalan dengan baik.

Kapolres AKBP Christian Tobing meminta kepada semua umat yang memiliki kasih agar tetap melakukan aksi ini dengan dengan damai.

“Saya harap kita laksanakan Kegiatan ini dengan penuh cinta dan damai,” ujarnya.

Sampai saat berita ini diturunkan, sidang saksi II masih diskor. Direncanakan sidang saksi II akan dilanjutkan pada pukul 14.00 (06/02/2018) nanti.

Sebelumnya, diberitakan oleh media ini, Sejumlah pastor yang bertugas di Paroki Bolan, Kabupaten Malaka menggugat seorang umatnya atas nama Yosef Ama Berek Seran di Pengadilan Negeri Atambua. Gugatan tersebut terkait kasus tanah yang terletak di Kampung Misi, Desa Fahiluka, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka.

Gugatan ini mulai disidangkan pada Selasa (31/10/2017) di Pengadilan Negeri Atambua. Tiga pastor penggugat antara lain, Rm. Hirominus Masu, Pr, Rm. Paulus Nahak, Pr, dan Rm. Yosef Meak, Pr. Selain itu, penggugat lain antara lain Gregorius Boko dan Karlus Seran. (richi anyan)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top