HEADLINE

Pastor Asal TTU Ditetapkan Sebagai Uskup Tanjung Selor

Pater Dr. Paulinus Yan Olla, MSF

ATAMBUA, Kilastimor.com-Pater Dr. Paulinus Yan Olla, MSF mendapat kepercayaan dari Paus Fransiskus untuk menjadi Uskup Tanjung Selor, Kalimantan Utara. Penetapan itu viral di media sosial Facebook yang tersebar luas.

Pastor kelahiran Seoam, Kapan, Kecamatan Miomaffo Barat, Kabupaten TTU itu, selama ini mengabdi di Malang, Jawa Timur. Dengan penetapan ini, maka Pastor Paulinus akan ditahbiskan menjadi Uskup Tanjung Selor.

Hingga saat ini, belum diketahui kapan akan dilangsungkan pentahbisan Pater Paulinus menjadi Uskup.

Untuk diketahui, Pastor Paulinus lahir di kampung Seoam, Desa Eban, Kecamatan Miomaffo Barat, Kabupetan TTU, NTT pada 22 Juni 1963.

Ia terlahir sebagai anak pertama dari 6 bersaudara pasangan Amatus K. Olla (alm) dan Theresia Naben (almarhumah). Seorang adiknya, Sr. M. Beatriks Olla PRR, kini sedang bekerja dan belajar di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Ayahnya adalah seorang guru dengan jabatan kepala sekolah SD Seoam I. Sebagai guru, ia mengabdi selama hampir 30 tahun. Sempat menjabat Kepala Kantor Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Miomaffo Barat, TTU. Sempat pula menjadi anggota DPRD TTU sebelum akhirnya dipanggil Tuhan. Sedang sang ibu, Theresa adalah ibu rumah tangga dan telah meninggal dunia tatkala Pastor Paulinus duduk di SMP.

Moto tahbisan yang dikutip St Paulus dalam 2 Kor 12: 9-10: “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna… Sebab jika aku lemah, maka aku kuat.”

Biodata Pater Dr. Paulinus Yan Olla, MSF

Lahir : Seoam, Desa Eban, TTU 22 Juni 1963
Orangtua : Ayah Amatus K. Olla dan ibu Theresia Naben.
Saudara-saudari:
1. Margaretha Olla
2. Regina Olla
3. Sr. M. Beatriks Olla, PRR
4. Ursula Maria Olla
5. Herman Yoseph Olla

Riwayat Pendidikan:
• SMP Xaverius Putri Kefamenanu, TTU tahun (Januari 1976- Juli 1979 kebijakan pemerintah menjadikan SMP berlangsung 3,5 tahun).
• SMA Seminari Lalian St. Imakulata, Atambua, September 1979-Juni 1983.
• Novisiat MSF di Salatiga tahun 1983 – 1984.
• Studi Filsafat dan Teologi di Kentungan Yogyakarta tahun 1984-1994.
• Tahun Orientasi Pastoral (TOP) di Paroki Putain, Keuskupan Agung Kupang tahun 1987-1988.
• Tahbisan Imam di Yogyakarta tahun 1992.
• S-2 di Program Pascasarjana Universitas Sanata Dharma (Kentungan) tahun 1994.
• S-3 bidang Teologi Spiritual di Istituto di Spiritualità Teresianum, Roma, Italia, tahun 2004
dengan tesis Missionary Spirituality of Jean Berthier. A Searching for a Missionary Spirituality in the light of the Redemptoris Missio, No. 87 – 91.

Riwayat Penugasan:
• Pastor pembantu Paroki Banteng Yogyakarta, 1992-1994. Saat yang sama Mahasiswa S2 dan Pengajar Kuliah Moral di Santa Dharma dan AKS Tarakanita Yogyakarta sejak tahun 1990.
• Direktur Seminari Don Bosco, Keuskupan Samarinda, Kalimantan Timur tahun 1995-1997.
• Pastor Kepala Paroki Santa Maria Banjarbaru, Kalimantan Selatan tahun 1997-2000.
• Melanjutkan studi doktoral di Istituto di Spiritualità Teresianum, Roma, Italia tahun 2000.
• Anggota Dewan Jenderal MSF se-Dunia tahun 2001-2007, ia mendapat tugas mengunjungi dan memperhatikan wilayah-wilayah Asia, Perancis, dan Madagasakar
• Sekretaris Jenderal MSF tahun 2007-2013.
• Sebagai Sekjen MSF baru, tetap memperhatikan wilayah-wilayah yang menjadi tanggungjawabnya pada periode yang lalu dengan tambahan juga ke wilayah Amerika Latin.

Di luar tugas sebagai imam, Pastor Dr Paulinus Yan Olla, MSF juga menulis artikel-artikel sosial-politik dan kemasyarakat. Di Indonesia, artikel-artilelnya kerap muncul di Kompas, harian terbesar di Indonesia. Menulis artikel kerohanian di Majalah Hidup dan Rohani. Artikel rohaninya dimuat juga dalam bahasa Portugis di Majalah Convergência dan dalam bunga rampai Penerbitan IFIBE, Passo Fundo di Brasil. (*/ferdy talok)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top