HEADLINE

Peringati HPN, Komunitas Media Perbatasan Malaka Gelar Aksi Damai

Wartawan Malaka peringati HPN di Malaka.

BETUN, Kilastimor.com-Belasan wartawan di Kabupaten Malaka yang tergabung dalam Komunitas Media Perbatasan Malaka melakukan aksi damai dalam memperingati Hari Pers Nasional ke-18, Jumat (9/2/2018).  

Aksi damai ini dilakukan dengan membawa orasi dan membagikan selebaran pernyataan sikap menolak kekerasan terhadap wartawan di seputaran lapangan umum Betun. ‎

Dalam orasi yang dibawakan secara bergantian oleh anggota komunitas media perbatasan Malaka, menyerukan kepada semua pihak untuk stop melakukan kekerasan kepada wartawan. wartawan adalah sahabat masyarakat. Wartawan adalah mitra masyarakat, pemerintah, dan TNI-POLRI.

“Wartawan adalah sahabat semua orang oleh sebab itu stop melakukan kekerasan kepada wartawan. Kami menyuarakan keluhan masyarakat kecil untuk mendapatkan perhatian dari pemerintah. Oleh sebab itu kami berharap masyarakat tak perlu takut dengan wartawan,” ungkap Johni Siki, wartawan Timex dalam orasinya.

Emanuel Adipapa, wartawan TVRI menghimbau kepada semua pihak untuk membangun interaksi positif dengan wartawan guna membangun daerah dan Negara Indonesia. Media adalah pilar kelima setelah legislatif, eksekutif, yudikatif dan LSM yang berperan dalam membangun bangsa Indonesia. Media memainkan peranan penting dalam proses pelaksanaan pembagunan, pemerintahan, pelayanan sosial kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

“Sampai saat ini masih banyak pekerja media di berbagai belahan dunia yang mengalami kekerasan saat melaksanakan tugasnya, termaksud di negeri tercinta Indonesia. Pekerja media dilihat sebagai momok yang menakutkan sehingga tak jarang pekerja media mendapatkan perlakuan kekerasan baik secara fisik maupun psikis.

“Oleh sebab itu, dalam moment HPN hari ini, kami mengajak semua elemen masyarakat untuk membangun interaksi positif dengan para pekerja media sebagai bentuk dukungan masyarakat terhadap pelaksanaan tugas wartawan,” ajaknya.

Pantauan media ini, aksi damai yang dilakukan komunitas media perbatasan Malaka mendapatkan pengawalan dari aparat Polsek Malaka Tengah. Usai membawakan orasi kurang lebih sekitar 45 menit, aksi damai ditutup dengan menyanyikan lagu nasional, Satu Nusa Satu Bangsa. (adi teiseran)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top